Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Serba-serbi Sperma

Sperma Anda Termasuk Sehat atau Tidak? Coba Cek Ciri-cirinya

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Rabu, 09/10/2013 08:59 WIB
Sperma Anda Termasuk Sehat atau Tidak? Coba Cek Ciri-cirinyaIlustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Sebagai pria, kesehatan sistem reproduksi tentu menjadi hal yang patut diperhatikan, termasuk sperma. Sebagai zat yang paling berpengaruh terhadap sistem reproduksi pria, hendaknya kesehatan sperma harus selalu dijaga. Lantas sperma seperti apakah yang dikatakan sehat oleh dokter?

"Sperma sehat ciri-cirinya kepalanya lonjong, memiliki akrosom (enzim yang bertugas meleburkan dinding pelindung sel telur agar bisa ditembus sperma) normal, lehernya tidak ada sitoplasma, dan ekornya juga tidak patah, itu normal," ungkap dr Johannes Soedjono, M.Kes., SpAnd, spesialis andrologi Unit Kesehatan Reproduksi/Andrologi RS AL Dr Ramelan, Surabaya, saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (9/10/2013).

Selain itu, dilihat dari sisi pergerakan sperma yang sehat menurut dr Johannes bergeraknya maju ke depan, dengan jumlah standar menurut World Health Organization (WHO) yaitu minimal 15 juta/ml. Dari sisi kekentalan, sperma sehat biasanya memiliki volume 20 cc.

"Kalau kekentalan itu ada tesnya sendiri, diukur sepersekian detik dia sudah bisa putus. Dalam waktu minimal satu jam juga dia harus cair. Itu periksanya harus ke laboratorium," ujar dr Johannes.

Untuk memeriksanya pun, pria harus puasa berhubungan intim minimal tiga sampai lima hari. Nah, waktu mengeluarkannya pun harus masturbasi dan tidak boleh pakai sabun karena nanti bisa membunuh sperma. Sperma tersebut kemudian ditampung dengan gelas yang bersih atau plastik khusus yang tidak membunuh sperma.

Kondisi-kondisi sperma yang tak sehat dikatakan oleh dr Johannes adalah olegozospermia (jika jumlah sperma kurang dari standar WHO); aspenozoospermia (jika gerakan sperma tidak normal); terapozoospermia (jika bentuknya yang tidak normal).

Sependapat dengan dr Johannes, dr Nugroho Setiawan, MS, SpAnd, spesialis andrologi RS Fatmawati, mengungkapkan pada detikHealth bahwa total sperma yang sehat adalah 39 juta/ml saat ejakulasi. Sedangkan untuk pergerakan, dr Nugroho juga setuju bahwa gerakan sperma yang sehat adalah yang maju. Mengapa?

"Saat berhubungan intim, ketika spermanya tumpah di mulut rahim dia harus masuk ke rahim wanitanya dan mencari sel telur, makanya harus maju. Kenapa penting? Karena kalau sperma bentuknya enggak normal, sama mulut rahimnya dilarang masuk. Yang masuk hanya sperma yang normal dan bergerak maju," tutur dr Nugroho.

Jika sperma sudah diperiksa dan dianggap sehat, namun istri belum juga hamil, maka bisa jadi penyebabnya bukan pada kesehatan sperma. Bisa saja hal tersebut muncul karena si pria tidak bisa mendeposit sperma ke alat reproduksi wanita, misalnya ejakulasi dini berat. Atau bisa juga karena hipospadia berat, sehingga sperma tidak dikeluarkan lewat depan penis, melainkan lewat samping.

(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit