detikhealth

8 Kisah Donor Organ dan 'Manusia Cangkokan' Paling Dramatis

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Senin, 11/11/2013 16:04 WIB
Index Artikel Ini   Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev 5 dari 9 Next »
Hanano Oyama (Foto: asiaone)
4. Pendonor Organ Termuda Usia 1,5 Tahun

Hanano Oyama memang sudah meninggal, tapi ia tetap 'hidup' di dalam 2 tubuh orang lain. Setelah nyawanya tak terselamatkan akibat mati otak, orang tua memutuskan mendonorkan organnya untuk orang lain. Di umur 1,5 tahun, Hanano pun jadi pendonor organ paling muda.

Sebuah kecelakaan pada 29 Juni lalu membuat Hanano Oyama, balita 1,5 tahun asal Jepang, mengalami kematian otak. Dia ditemukan tenggelam dan sudah berada di bawah air selama 10 menit. Hanano segera dilarikan ke Singapore General Hospital, tetapi sudah terlambat karena otaknya dinyatakan mati.

Tak bisa lagi diselamatkan, dengan berat hati orang tuanya memutuskan untuk menyumbangkan organ tubuhnya ketika dokter menyatakan balita itu secara hukum sudah meninggal. Dokter kemudian memanen kedua ginjal dan katup jantungnya di keesokan harinya. Hal ini membuat Hanano menjadi pendonor organ termuda di Singapura.

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close