detikhealth

Kontroversi Malpraktik

Prihatin Kasus dr Ayu, Dokter Kandungan di RSCM Mengheningkan Cipta

Vela Andapita - detikHealth
Senin, 18/11/2013 14:44 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, dr Dewa Ayu Sasiary Prawan, SpOG ditangkap di Balikpapan atas tuduhan malpraktik. Hal ini mengundang keprihatinan sejumlah dokter yang berpendapat dr Ayu tidak bersalah. Untuk mengungkap keprihatinan itu, dokter kandungan di RSCM pun melakukan hening cipta.

Proses tersebut berlangsung khidmat, dengan dipimpin oleh Dr. dr. Iman Santoso, Sp.OG(K), Kepala Departemen Obstetri dan Ginekologi FKUI RSCM. dr Iman berkata doa dipanjatkan agar keadilan bagi dr Ayu dapat segera ditegakkan. Sebab dari sudut pandang pendidikan, dr Ayu tidak bersalah.

"Pertama, pasien sudah ditangani dengan baik, dia menjalankan pelayanan sesuai dengan prosedur. Kedua, ini kasus emboli ketuban, yang tidak bisa diprediksi dokter seahli apapun. Track record dia baik, dan dia masih masa pendidikan. Secara pendidikan dia tidak bersalah," tutur dr Iman setelah seminar publik Quo Vadis Angka Kematian Ibu?, di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jl. Salemba, pada Senin (18/11/2013).

dr Iman menjelaskan hanya dua hal yang secara pendidikan kedokteran dapat dinyatakan salah. Pertama, apabila dokter over-confidence, atau melakukan tindakan terhadap pasien secara berlebihan hingga melampaui kemampuannya. Kedua, apabila dokter melakukan tindakan sama sekali di luar kompetensinya.

Menurut doa, sebenarnya pihak pendidikan kedokteran pun sudah mempunyai regulasi yang ketat bagi para dokternya. Regulasi tersebut meliputi pula sistem skor yang dapat mengeluarkan dokter, apabila dinilai bersalah berkali-kali. Selain itu, penempatan dan penugasan dokter spesialis pun telah disesuaikan dengan level kompetensi yang dimiliki dokter tersebut. Menurutnya penahanan dr Ayu adalah hal yang tidak tepat.

"Harapan kami dari Departemen Obsgin FKUI RSCM, dr Ayu akan mendapat advokasi dan segera lepas dari jeratan hukum. Setidaknya dia menjadi tahanan luar, dan tetap dipekerjakan di RS Kandou, Manado," harap dr Iman.

Seperti diberitakan detikHealth sebelumnya, dr Dewa Ayu Sasiary Prawan ditangkap di Balikpapan lalu ditahan dengan tuduhan malpraktik. Sebelumnya, oleh Pengadilan Negeri (PN) Manado, dr Ayu diputus bebas murni. Namun dalam kasasi di Mahkamah Agung, ia dinyatakan bersalah.

(vit/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit