detikhealth

Kontroversi Malpraktik

Tuntut dr Ayu Dibebaskan, Ratusan Dokter di Manado Unjuk Rasa

Asrar Yusuf - detikHealth
Senin, 18/11/2013 15:43 WIB
Manado, Ratusan dokter di Manado berunjuk rasa dengan mendatangi Kantor DPRD Sulut. Mereka menyampaikan rasa keprihatinan atas ditahannya dr. Dewa Ayu Sasiary Prawani di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Malendeng.

"Kami para dokter bukan Tuhan. Kematian pasien sudah menjadi sebuah resiko medis yang tidak bisa dihindarkan," teriak para dokter di halaman kantor DPRD Sulut, Senin(18/11/2013) siang.

Menurut mereka, para dokter sangat menjunjung etika kedokteran, yakni menolong pasien sampai sembuh. Namun dengan kejadian seperti dialami dr. Ayu, mereka jadi takut untuk menangani pasien.

"Kalau pasien yang kami tangani meninggal, berarti kami harus masuk penjara, ini adalah bentuk kriminalisasi dokter," teriak mereka lagi.

Aksi unjuk rasa dokter ini berlanjut ke Kantor Gubernur dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut. Para dokter ini juga mendatangi Rutan Malendeng dan menyampaikan tuntutan dr. Ayu dibebaskan dari tahanan atau dialihkan statusnya menjadi tahanan kota.

dr. Ayu adalah satu dari tiga dokter spesialis kandungan yang dipidana karena tuduhan malpraktik yang menyebabkan kematian pasien Julia Fransiska Makatey pada tahun 2010.

Pada persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Manado, dr Ayu dan rekannya, dr. Hendy Siagian dan dr. Hendry Simanjuntak, yang dituntut 10 bulan penjara, divonis bebas karena tidak terbukti melakukan malpraktik. Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menangani kasus itu mengajukan kasasi.

Kasasi JPU ini kemudian dikabulkan Mahkamah Agung (MA) lewat putusan yang dikeluarkan pada 18 November 2012 lalu. Eksekusi dr. Ayu dilaksanakan JPU dengan menangkapnya di Balikpapan, Jumat pekan lalu dan dibawa ke Manado untuk ditahan di Rutan Malendeng.



Demo dokter di Manado (Foto: Asrar Yusuf / detikHealth)
(up/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit