detikhealth

Jika Seperti Ini, Bedong dan Gurita Bisa Berbahaya Bagi Bayi

M Reza Sulaiman - detikHealth
Jumat, 24/01/2014 09:28 WIB
Jika Seperti Ini, Bedong dan Gurita Bisa Berbahaya Bagi Bayiilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Kebiasaan untuk membedong dan gurita bayi yang baru lahir memang sudah diwariskan turun temurun. Dengan alasan takut bayi kedinginan, orang tua membelit tubuh anak dengan bedong dan gurita. Namun ternyata kebiasaan tersebut bisa berbahaya. Kenapa?

"Jika dibedong, bayi kan kakinya diluruskan. Padahal kaki bayi yang baru lahir memang seharusnya bengkok seperti kodok seperti itu," ujar dr Marissa Tania S. Pudjiadi, Sp.A di RS Premier Jatinegara, Jatinegara, Jakarta Timur, dan ditulis pada Jumat (24/1/2014).

Posisi kaki natural bayi yang bengkok akan berbahaya jika diluruskan. Hal itu akan membuat perkembangan otot dan tulang pinggulnya terganggu. Atau yang lebih parah, bisa bergeser dan tumbuh tidak normal.

Untuk gurita, badan bayi yang dililit dan dibebat sangat tidak boleh dilakukan. Sebab bayi yang baru lahir belum bisa langsung bernapas dengan paru-paru. Mereka masih menggunakan napas perut.

"Otot dada dan perut bayi kan masih lemah, pertumbuhannya belum sempurna. Jika dibebat dan dililit seperti gurita itu nanti bisa menyebabkan bayi sesak napas dan meninggal dunia," paparnya pada acara konferensi pers dan peluncuran buku 250 Tanya Jawab Kesehatan Anak.

Lalu bagaimana dengan mitos digurita agar pusar bayi tidak bodong? Dokter yang mengambil spesialisasi anaknya di Universitas Indonesia ini mengatakan tidak ada kaitan antara pusar bodong dan gurita.

"Banyak yang bilang kalau menaruh koin di pusar atau di gurita pusar bayi tidak akan bodong. Padahal pusar bodong itu ya memang dari sananya begitu. Mau dilakukan apapun jika memang akan bodong ya pasti bodong," ujarnya sambil tertawa.

Daripada membedong atau gurita bayi, dokter yang sudah mempunyai satu anak ini mengatakan lebih baik memakaikan baju yang pantas jika memang takut anak kedinginan. "Bisa juga ditambahkan dengan baju dalam atau one-piece untuk bayi," saran dr Marissa.

(vit/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit