detikhealth

Diet Experience

Rutin Lari Pagi 30 Menit Sehari Bikin Bobot Edo Berhasil Turun 42 Kg

Edo Yukamgo - detikHealth
Jumat, 28/02/2014 15:34 WIB
Before
After
Jakarta - Kuliah di Yogyakarta membuat Edo Yukamgo (27) mengaku sering menghabiskan waktu untuk makan. Akibatnya selama kuliah bobotnya melonjak hingga mencapai 118 kg. Nah, kini Edo telah berhasil menurunkan berat badannya menjadi 76 kg dalam waktu 6 bulan saja, lho. Apa rahasianya?

Kepada detikHealth, pria asal Lampung kelahiran 11 April 1986 ini menceritakan kisah suksesnya, seperti ditulis pada Jumat (28/2/2014):

Saya mulai mengalami obesitas setelah dikhitan, tepatnya saat saya duduk di bangku kelas 5 SD. Sejak saat itu berat badan saya bertambah setiap bulannya. Puncaknya adalah ketika saya kuliah di Yogyakarta. Di sana makanannya kan murah, enak, dan banyak.

Berat badan saya ketika semester 2 bahkan mencapai 98 kg. Nah, ketika saya punya kekasih di semester 3, bobot saya kembali naik drastis hingga 118 kg. Soalnya saat sedang jalan-jalan dengan kekasih, saya sering menghabiskan waktu dengan nongkrong di tempat-tempat makan. Parahnya setiap makanan kekasih saya tidak habis, saya yang menghabiskannya.

Awalnya saya tidak peduli dengan berat badan saya. Namun ketika saya membandingkan foto-foto saya, saya mulai sedih dan bertekad untuk diet. Setelah selesai wisuda saya langsung menerapkan program diet yaitu dengan berhenti mengonsumsi nasi, gorengan dan makanan berlemak lainnya.

Saya juga rutin berlari setiap pagi setelah bangun tidur dan sore hari, minimal 30-45 menit sehari. Alhasil, selama 3 bulan berat badan saya berhasil turun 21 kg. Ini berarti berat badan saya waktu itu masih 98 kg, sedangkan target saya adalah 70 kg.

Saya kemudian tambahkan sesi fitnes pada pagi dan malam hari. Jadi setelah lari pagi selama 30 menit, saya fitnes selama 45-60 menit. Setelah lari sore saya juga fitnes lagi selama 30 menit. Nah, 3 bulan berlalu berat badan saya turun lagi menjadi 76 kg. Meskipun belum mencapai target, tapi saya sudah merasa sangat nyaman dengan kondisi saat ini.

Sampai sekarang saya tetap menjaga berat badan dengan tidak mengonsumsi nasi dan tetap lari pagi selama 30 menit. Namun pola tersebut saya tambah dengan rutin minum teh hijau dan jeruk nipis hangat setiap habis makan.

Pesan saya untuk teman-teman yang punya masalah berat badan: Jangan pernah menyerah dan jangan mudah berpuas diri. Ketika kita mudah berpuas diri maka bersiaplah untuk mendapat ejekan lagi.


(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit