detikhealth

Tak Cuma Orang Tua, Penyakit Jantung dan Kolesterol Juga 'Incar' Usia 30-an

Ajeng Annastasia Kinanti - detikHealth
Selasa, 07/10/2014 20:03 WIB
Tak Cuma Orang Tua, Penyakit Jantung dan Kolesterol Juga Incar Usia 30-an
Jakarta, Jika selama ini Anda merasa tenang-tenang saja dengan risiko penyakit jantung dan kolesterol tinggi, kini saatnya Anda kaji kembali gaya hidup saat ini. Sebab, penyakit ini rupanya juga bisa diidap oleh mereka yang usianya relatif muda.

"Dengan faktor risiko kolesterol tinggi, kadar gula tinggi, dan merokok jelas pada poulasi lebih muda dari 40 tahun ke bawah sudah mulai muncul. Kita lihat di rumah sakit pun banyak orang-orang muda yang sakit kolesterol dan jantung," ungkap Ketua PERKI (Persatuan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia), Dr dr Anwar Santoso, SpJP(K), FIHA, FACC.

Hal tersebut disampaikan dr Anwar saat ditemui di sela-sela seminar dalam rangka Peringatan Hari Jantung Sedunia yang diselenggarakan di Gedung Kemenkes RI, Jakarta, Selasa (7/10/2014).

"Kebanyakan pasien muda itu ya karena faktor gaya hidupnya. Dari data disebutkan bahwa ada 1 pasien hipertensi di antara 4 orang. Untuk kolesterol, orang Indonesia ada sekitar 40 persen. Sementara diabetes ada sekitar 7 persen. Ini termasuk yang usia muda," imbuh dr Anwar.

Ia menambahkan bahwa dirinya pernah menemui kasus pasien serangan jantung di RS Jantung Harapan Kita yang usianya sekitar 30 tahun.

"Seharusnya usia tersebut kan masih bisa beraktivitas. Kalau masyarakat tidak dilindungi dari kampanye tentang jantung sehat, dalam 5-10 tahun mendatang kasus serupa bisa muncul lagi," lanjutnya.

Selain menjaga pola makan dengan mengurangi konsumsi gula, garam dan lemak berlebih, serta rutin melakukan aktivitas fisik, faktor risiko lain seperti paparan polusi tinggi juga harus diperhatikan.

"Faktor risiko polusi tinggi akan memperberat dan memperburuk faktor risiko. Polutan asap mobil atau pabrik pada gilirannya membuat oksidan tubuh sangat tinggi, sehingga terjadilah penyempitan pembuluh darah," tuturnya.

(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit