detikhealth

Nigeria Dinyatakan Sudah Bebas dari Kasus Ebola oleh WHO

M Reza Sulaiman - detikHealth
Senin, 20/10/2014 18:39 WIB
Nigeria Dinyatakan Sudah Bebas dari Kasus Ebola oleh WHOKampanye cuci tangan untuk cegah Ebola di Abuja, Nigeria (Foto: Reuters)
Abuja, Nigeria, Pekan lalu, WHO mengumumkan bahwa jika tidak ada kasus infeksi Ebola baru, Nigeria dan Senegal dipastikan sudah dapat dinyatakan bebas dari Ebola. Pernyataan WHO tersebut akhirnya menjadi kenyataan hari ini.

Setelah 42 hari tanpa kasus baru, WHO pun menyatakan bahwa Nigeria kini resmi bebas dari penyakit berbahaya yang sudah membunuh ribuan orang di Afrika ini. Perwakilan WHO untuk Afrika Barat, Rui Gama Vaz mengatakan bahwa hal ini merupakan suatu kesuksesan dan bukti bahwa Ebola dapat ditangani.

"Hari ini Nigeria sudah bebas dari Ebola. Ini adalah sebuah prestasi yang besar. Ini menandakan bahwa Ebola dapat diatasi, Namun kita tidak boleh lengah. Patut diingat ini adalah bukti bahwa penanganan yang tepat diperlukan untuk menangani Ebola," tutur Vaz.

"Kita baru saja memenangkan salah satu pertempuran, dan perang melawan Ebola masih harus dilancarkan agar seluruh negara Afrika Barat bisa dinyatakan bebas dari Ebola," sambungnya lagi, dikutip dari Reuters, Senin (20/10/2014).

Ebola yang menginfeksi Nigeria berasal dari diplomat asal Liberia yang bernama Patrick Sawyer pada Juli lalu. Sawyer yang datang dalam misi kenegaraan tiba-tiba jatuh dan tak sadarkan di bandara internasional Lagos.

Total ada 20 kasus Ebola yang menginfeksi negara dengan populasi terpadat di Afrika tersebut, dan sebagian besar di antaranya adalah petugas kesehatan yang merawat Sawyer. Dari 20 kasus tersebut 8 di antaranya diketahui meninggal dunia.

Ebola sudah membunuh 4.546 orang di seantero Afrika Barat. Liberia, Guinea dan Sierra Leone merupakan negara-negara awal yang terinfeksi sekaligus negara-negara dengan kasus terparah.

(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close