detikhealth

Mengapa Kurang Tidur Bisa Bikin Berat Badan Melonjak Naik?

Ajeng Annastasia Kinanti - detikHealth
Senin, 16/02/2015 07:32 WIB
Mengapa Kurang Tidur Bisa Bikin Berat Badan Melonjak Naik?
Jakarta, Jika Anda ingin memiliki tubuh yang lebih proporsional, ada baiknya Anda mulai membiasakan diri untuk memenuhi jam tidur setiap malam. Jangan anggap enteng, kurang tidur bisa bikin gemuk lho!

Alasannya, sebuah penelitian menyebutkan bahwa kurang tidur menimbulkan reaksi di daerah otak yang dikenal sebagai jaringan salience supaya nafsu makan meningkat dan keinginan untuk makan makanan berlemak juga meningkat.

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 34 peserta yang memiliki keluhan kurang tidur dan 12 peserta yang terkontrol di laboratorium tidur selama 5 hari 4 malam. Aktivitas istirahat mereka selama waktu tersebut dipantau oleh para peneliti.

Hasilnya, peserta yang kurang tidur mengonsumsi 1.000 kalori selama melewatkan jam tidur malam. Kemudian, mereka mengonsumsi jumlah kalori yang yang sama di hari berikutnya seperti ketika jam tidur mereka sudah normal.

Baca juga: Tak Perlu Piyama, Tidur Tanpa Pakaian Lebih Menyehatkan

Namun ketika membandingkan asupan makronutrien di antara dua hari berturut-turut, para peneliti menemukan bahwa mereka juga mengonsumsi lebih banyak persentase kalori dari lemak lebih besar daripada kalori dari karbohidrat. Inilah salah satu penyebab mengapa setelah begadang keinginan untuk makan makanan berlemak menjadi meningkat, yang kemudian berefek pada kenaikan berat badan.

"Ini berarti peningkatan konektivitas dalam jaringan salience berkorelasi positif dengan persentase kalori yang dikonsumsi dari lemak dan berkorelasi negatif dengan persentase kalori dari karbohidrat," ungkap peneliti Hengyi Rao dari University of Pennsylvania, seperti dikutip dari jurnal Scientific Reports, Senin (16/2/2015).

Baca juga: Bangun Tidur Langsung Minum Jus Buah? Hati-hati Asam Lambung Naik



(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit