detikhealth

Rendam Bokong dengan Air Hangat Bisa Bantu Redakan Nyeri Akibat Wasir

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Selasa, 07/04/2015 13:33 WIB
Rendam Bokong dengan Air Hangat Bisa Bantu Redakan Nyeri Akibat Wasir
Jakarta, Ketika wasir alias ambeien kambuh, pembuluh darah di anus bisa meradang, membengkak hingga menimbulkan rasa nyeri. Rasa nyeri tersebut dapat diakali dengan merendam bokong di air hangat.

Dikatakan dr Panondang Panggabean SpB, merendam bokong di air hangat ketika pembuluh meradang bisa membuat otot di area anus rileks. Sehingga, pembuluh darah yang membengkak bisa mengempes.

Baca juga: Wasir Kambuh Saat Hamil Harus Melahirkan Caesar? Ah, Belum Tentu

"Diteteskan dengan cairan antiseptik, rendam selama 15-30 menit. Menggunakan antiseptik untuk membersihkan kuman-kuman di sekitar anus," tutur dr Panondang di sela-sela Media Visit Rumah Wasir di Jl Jatiasih Raya, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (7/4/2015).

dr Panondang menuturkan, merendam bokong tersebut bisa dilakukan dua kali sehari, pagi hari atau malam sebelum tidur. Jika tidak ada bath tub, bisa digunakan baskom besar untuk merendam bokong.

Baca juga: Perdarahan karena Wasir dan Gejala Kanker Kolon, Bagaimana Bedanya?

Pada wasir dengan derajat 1 dan 2 di mana pembuluh darah yang keluar dari lubang anus masih bisa kembali masuk, prosedur merendam seperti ini pun bisa membantu pembuluh darah masuk kembali ke atas.

Tapi, dr Panondang menegaskan prosedur seperti ini hanya meredakan rasa nyeri akibat peradangan pada pembuluh darah sementara saja. Jika wasir memang sudah parah, memang untuk mengatasinya harus dilakukan prosedur operasi.

"Ini sifatnya sementara saja tapi sangat membantu untuk meredakan nyeri. Tapi kalau memang sudah parah ya harus dioperasi mau nggak mau," kata dr Panondang.

(rdn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit