detikhealth

Bingung Pilih Diet, Perbanyak Makan Sayur Lebih Efektif Pangkas Berat Badan

Rahma Lilahi Sativa - detikHealth
Sabtu, 04/07/2015 04:15 WIB
Bingung Pilih Diet, Perbanyak Makan Sayur Lebih Efektif Pangkas Berat Badan
Jakarta, Ada beragam jenis diet yang bisa dipilih untuk mendapatkan berat badan ideal. Apalagi diet yang efektif untuk satu orang belum tentu bisa dipakai oleh orang lain. Akan tetapi menurut pakar, diet terbaik adalah dengan memperbanyak konsumsi sayur-sayuran.

Untuk mendapatkan kesimpulan ini, tim peneliti dari E-Da Hospital, Kaohsiung City, Taiwan melakukan pengamatan terhadap 1.151 orang yang mencoba melakukan 12 jenis diet berbeda seperti diet Atkin, diet protein atau diet dengan mengurangi jumlah karbohidrat yang diasup. Lama partisipan melakukan diet ini beragam, mulai dari 9-74 minggu.

Ternyata mereka yang tak lagi mengonsumsi daging dan produk sejenis seperti keju kehilangan bobot 2,5 kg lebih banyak daripada mereka yang menggunakan pola makan non-vegetarian.

Baca juga: Wanita Ini Klaim Diet Vegan Ampuh Atasi Gejala Menopause yang Ia Rasakan

Bahkan vegetarian yang mengonsumsi produk turunan dari susu dan telur kehilangan bobot 1,4 kg lebih banyak daripada yang tidak vegan. Tak hanya itu, mereka yang menjalani diet vegan dan diminta mengurangi asupan kalori juga mengalami penurunan berat badan yang lebih besar ketimbang mereka yang pola makannya tidak dibatasi sama sekali.

"Kuncinya ada pada konsumsi gandum utuh, buah-buahan dan sayur," tandas peneliti Dr Ru Ti Huang seperti dikutip dari Journal of General Internal Medicine, Sabtu (4/7/2015).

Menurut Dr Huang, produk makanan yang berbahan gandum utuh dan sayur-mayur memiliki indeks glikemi (GI) yang rendah sehingga tidak menyebabkan gula darah cepat naik.

"Selain itu, buah-buahan kaya akan serat, antioksidan, mineral dan zat-zat pelindung yang alaminya ada di buah. Begitu pun dengan gandum yang mengandung serat yang larut dalam air," lanjutnya.
 
Karena serat tersebut, gandum cenderung lambat saat meninggalkan perut. Dengan begitu proses cernanya berlangsung dengan sempurna. Nutrisi yang ada di dalamnya juga terserap dengan baik.
 
Baca juga: Makanan Mentah Tak Enak? Praktisi: Wajar, Lama-lama Pasti Terbiasa(lll/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit