detikhealth

Tetap Sehat Usai Lebaran

Trik Agar Ambeien Tak Kambuh Akibat Kelamaan Duduk di Mobil Saat Macet

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Senin, 20/07/2015 16:00 WIB
Trik Agar Ambeien Tak Kambuh Akibat Kelamaan Duduk di Mobil Saat MacetFoto: thinkstock
Jakarta, Terjebak di kemacetan saat arus balik lebaran bisa membuat seseorang duduk di mobil dalam waktu lama. Bukan tak mungkin, berjam-jam duduk di mobil tanpa istirahat memicu kambuhnya wasir atau ambeien.

Dikatakan dr Panondang Panggabean SpB dari Klinik Rumah Wasir, duduk dalam waktu lama di mobil apalagi tidak istirahat bisa membuat wasir kambuh. Sebab, saat terlalu lama duduk, pembuluh darah di anus akan terisi darah. Nah, pergerakan darah pun lambat dan terkumpul di pembuluh darah sehingga pembuluh darah membengkak.

"Apalagi kalau pas puasa pola makannya kurang serat dan wasirnya sudah kambuh sebelum mudik, kondisinya bisa makin parah setelah mudik. Misalkan yang tadinya grade 3 yang wasirnya itu harus dimasukkan ke anus dengan batuan dorongan, bisa saja menjadi grade 4," kata dr Panondang saat dihubungi detikHealth, Senin (20/7/2015).

Berbeda sedikit ketika wasir yang dialami masih berada di grade 1 atau 2 maka menyetir saat mudik atau balik mudik tidak terlalu bermasalah. Lain halnya dengan pasien wasir grade 4 yang tidak disarankan mengemudi karena benjolan pembuluh darah yang membengkak bisa menimbulkan rasa nyeri sehingga yang bersangkutan akan merasa tidak nyaman saat menyetir.

Baca juga: Obat Ambeien Laris Saat Lebaran, Kurang Makan Sayur dan Buah?


Untuk menghindari kambuhnya wasir karena terlalu lama di duduk mobil akibat terjebak macet, dr Panondang menyarankan perbanyak konsumsi air putih dan jangan lupa untuk makan sayur dan buah yang merupakan sumber serat bagi tubuh. Ketika ada waktu, maka beristirahatlah sejenak.

"Kan kita sendiri sudah bisa merasakan kalau pantat mulai terasa panas dan ada rest area, berhenti dulu, istirahat lalu jalan sebentar atau gerak-gerakkan badan untuk melancarkan aliran darah. Kalau ambeiennya sudah grade 3 boleh menyetir tapi hati-hati dan untuk mencegah tidak menjadi grade 4 biasanya bisa diatasi dengan tetap konsumsi obat atau dioleskan salep. Jangan pula makan yang pedas-pedas," imbuh dokter yang juga praktik di RS Medika Permata Hijau ini.

Untuk wasir eksternal, menurut dr Panondang memang timbul tanpa ada gejala tapi muncul bekuan darah yang memicu nyeri. Pada pasien seperti ini, penting untuk menjaga kehigienisan misalnya saat buang air kecil di toilet umum. Tujuannya, untuk menghindari infeksi pada wasir yang letaknya di luar anus.

Baca juga: Rendam Bokong dengan Air Hangat Bisa Bantu Redakan Nyeri Akibat Wasir

(rdn/rdn)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit