detikhealth

Dokter: Lebih dari Separuh Penduduk Jakarta Mengidap Obesitas

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sabtu, 08/08/2015 14:09 WIB
Dokter: Lebih dari Separuh Penduduk Jakarta Mengidap ObesitasFoto: Thinkstock/Rostislav_Sedlacek
Jakarta, Kegemukan sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan modern di kota-kota besar. Di Jakarta misalnya, sebuah penelitian mengungkap lebih dari separuh jumlah penduduknya mengidap obesitas.

"Obesitas adalah sumber segala penyakit. Tidak cuma soal bentuk tubuh, obesitas memicu diabetes, penyakit jantung, dan sebagainya," kata Dr dr Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, Ketua Himpunan Studi Obesitas Indonesia, Sabtu (8/8/2015).

Ditemui dalam simposium obesitas di Hotel Harris Kelapa Gading, Jakarta Utara, dr Dante menyebut 33 persen penduduk Jakarta mengidap sindrom metabolik akibat obesitas. Sindrom metabolik merupakan kumpulan berbagai gangguan metabolisme, termasuk di antaranya diabetes mellitus.

Baca juga: Studi: Paparan Polusi Suara Berpengaruh pada Timbunan Lemak di Perut

Faktor utama yang meningkatkan angka obesitas pada masyarakat modern, menurut dr Dante adalah pola makan yang tidak sehat serta kurang olahraga. Pola makan misalnya, masyarakat Indonesia cenderung banyak mengonsumsi gorengan dan makanan tinggi kalori.

Asupan makan yang kurang sehat tersebut tidak diimbangi juga dengan aktivitas fisik yang cukup. Kemacetan serta tuntutan pekerjaan yang serba sibuk membuat para penduduk Jakarta dan kota besar lainnya lebih banyak menghabiskan waktunya dengan duduk-duduk.

"Lalu pada akhir pekan rekreasinya ke mana? Ke mal, wisata kuliner. Harus diubah, rekreasinya harus lebih sehat misalnya pergi ke taman, olahraga," saran dr Dante.

Baca juga: Punyai 'Pilar' Ini agar Penyandang Diabetes Bisa Hidup Lebih Sehat

(up/lll)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close