detikhealth

Diet Experience

Rahasia Rayhan Turun Berat Badan 18 Kg: Diet OCD Plus Rajin Fitness

Rayhan Ramlan Esfa - detikHealth
Kamis, 13/08/2015 15:33 WIB
Before
After
Bekasi - Tidak ada cara instan, untuk bisa menurunkan berat badan diperlukan komitmen dalam memperbaiki pola makan dan rajin berolahraga. Hal ini yang dibuktikan oleh Rayhan Ramlan Esfa (20).

Dalam waktu 8 bulan ia mencoba pola diet dengan menggunakan diet OCD ala Deddy Corbuzier serta rajin fitness setiap pekannya. Alhasil berat badan pria dengan tinggi 167 cm ini berhasil turun dari semula 81 kg menjadi 63 kg.

Berikut kisah sukses diet Rayhan, seperti diceritakan dan ditulis detikHealth pada Kamis (13/8/2015):

Pada bulan Juli 2013, tepatnya pada saat libur kelulusan SMA, berat badan mencapai 81 kg. Ini naik dari sebelumnya yang hanya sekitar 71 kg. Mungkin ini semua karena libur yang panjang saat itu.

Selama libur bisa dibilang saya tidak memiliki kegiatan sama sekali. Praktisnya saya lebih sering makan dan ngemil di waktu luang. Akibatnya saya pun sering mengantuk, susah bergerak, dan postur badan pun menjadi bertambah lebar terutama di bagian wajah.

Hal inilah yang kemudian menjadi motivasi saya untuk memperbaiki pola hidup. Salah satunya adalah mengganti pola makan dan olahraga rutin. Sayangnya hal ini tak terlalu berjalan mulus. Sulitnya untuk menaati program diet yang saya jalani membuat saya sadar bahwa makan dan ngemil sudah menjadi kebiasaan untuk saya.

Saya berpikir bahwa kunci dari diet saya adalah me-reset mindset saya mengenai makan dan ngemil. Akhirnya saya mendengar diet OCD yang sedang 'booming' dan mencoba mengikutinya dikarenakan dengan adanya jendela makan. Saya pikir dengan ini maka saya bisa menekan kebiasaan dalam makan dan ngemil.

Akhirnya saya menerapkan diet OCD dengan jendela makan 6 jam dan 4 jam ditambah fitness 3-4 kali dalam seminggu. Hingga akhirnya sekitar 8 bulan kemudian berat saya sudah turun menjadi 63 kg. Sekarang saya bisa menambahkan 'cheating day' pada hari Minggu untuk makan bersama keluarga.

Baca juga: Ganti Gorengan dengan Sayur, Kunci Tika Pangkas Bobot 23 Kg dalam 7 Bulan


(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit