detikhealth

Pendampingan Seperti Ini Perlu Diberikan Ortu pada Anak dengan Bipolar

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Rabu, 19/08/2015 19:03 WIB
Pendampingan Seperti Ini Perlu Diberikan Ortu pada Anak dengan BipolarFoto: thinkstock
Jakarta, Dukungan orang tua penting ketika anak mengidap penyakit tertentu. Termasuk ketika anak mengidap gangguan bipolar, pendampingan orang tua pun harus tepat.

Pendampingan orang tua dan keluarga pada pasien bipolar harus proporsional. Meskipun, memang umumnya ketika orang tua tahu anaknya mengidap bipolar, mereka cenderung protektif. Hal tersebut disampaikan dr Ashwin Kandouw SpKJ dari Sanatorium Dharmawangsa.

"Seringnya karena terlalu protektif, si anak ini dikungkung. Yang ada justru si anak jadi frustasi karena ketika dia sedang tidak kambuh, dia tidak boleh melakukan apa-apa," kata dr Ashwin di sela-sela Seminar Media 'Kenali dan Pahami Peningkatan Libido pada Gangguan Bipolar' di Hotel Shagri-La, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

dr Aswin tak menampik overprotektif yang dilakukan orang tua semata karena ayah atau ibu sayang kepada si anak. Namun, perlu dipahami kapan anak perlu diawasi dan dibiarkan untuk menjalani kehidupan normal. Orang tua juga perlu mengawasi tanda-tanda ketika anak memasuki fase manik ataupun depresi.

Baca juga: Jangan Khawatir, Meningkatnya Libido Pasien Bipolar Masih Bisa Ditangani

Ketika berada dalam fase manik, anak bisa saja memiliki banyak ide. Saat anak memiliki banyak ide, sudah sepatutnya orang tua memfasilitasi ide yang disampaikan anak. dr Ashwin juga mengingatkan bukan berarti ketika anak memiliki ide yang fantastis, tandanya ia berada dalam fase manik.

Dalam fase manik, anak juga bisa mengalami peningkatan gairah seksual. Dalam bersikap, orang tua bisa mengawasi dengan memberi obat misalnya, agar mood anak kembali normal.

"Kalau saat manik anak boros sekali belanjanya, bisa diarahkan oleh orang tua. Nah, ketika berada di fase depresi, beri dukungan pada anak. Jadi, lakukan pendampingan yang tepat dan sesuai dengan kondisi anak saat itu," kata dokter yang juga praktik di RS Pondok Indah ini.

Intinya, orang tua dan juga anggota keluarga lain bisa memahami gangguan bipolar yang dialami anak. Bukan berarti anak dengan bipolar harus selalu terkungkung. Jika hal itu yang terjadi, bukan tak mungkin anak justru bisa depresi dan ia tidak akan berkembang menjadi dirinya sendiri, tetapi menjadi sosok yang ditentukan oleh orang tuanya.

Baca juga: Mengenal Bipolar: Datang dari Depresi dan Harus Minum Obat Terus-menerus

(rdn/vit)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit