detikhealth

Rajin ke Gym Tapi Porsi Makan Masih Tak Dikontrol? Sama Saja Bohong

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Kamis, 20/08/2015 08:30 WIB
Rajin ke Gym Tapi Porsi Makan Masih Tak Dikontrol? Sama Saja BohongFoto: Thinkstock
Jakarta, Untuk menurunkan berat badan, rajin olahraga dan mengatur pola makan menjadi kuncinya. Jika hanya salah satu saja yang dilakukan, tentu tak akan berhasil.

Para peneliti menuturkan faktanya justru terlalu sering fitness atau berolahraga di gym justru dapat meningkatkan nafsu makan. Nah, apabila pola makan tak diatur dengan tepat justru dapat membuat berat badan stabil atau malah naik.

Oleh karena itu mengendalikan kalori, ditambah dengan meningkatkan aktivitas fisik, disebut-sebut adalah kunci untuk mempertahankan atau menurunkan berat badan.

Baca juga: Naik Turun Tangga, Trik Simpel Tetap Aktif Meski Sibuk di Kantor

Peneliti dari Loyola University Chicago Stritch School of Medicine, Dr Richard Cooper dan Dr Amy Luke, telah mempelajari hubungan antara olahraga dan obesitas selama bertahun-tahun. Seperti dipublikasikan dalam International Journal of Epidemiology, mereka mengatakan bahwa aktivitas fisik memang sangat penting untuk meningkatkan tingkat kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan.

"Namun pola makan tepat juga memegang peranan penting. Hanya ada satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan yakni makan lebih sedikit kalori," tuturnya, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (20/8/2015).

Mereka menambahkan, sementara aktivitas fisik memiliki banyak manfaat, beberapa bukti lain menyimpulkan bahwa peningkatan aktivitas fisik ini juga harus diimbangi dengan pengaturan asupan kalori.

Pakar lainnya, Dr Michael Mosley, menyebutkan bahwa saat ini banyak orang berpikir bahwa jika sudah olahraga maka Anda bisa makan apa saja. Padahal ini salah. Olah fisik juga tetap harus diimbangi dengan pengaturan asupan kalori jika ingin menurunkan berat badan.

Baca juga: Latihan Angkat Beban Baik untuk Turunkan Berat Badan, Ini Alasannya
https://health.detik.com/read/2015/07/24/075555/2974105/763/latihan-angkat-beban-baik-untuk-turunkan-berat-badan-ini-alasannya

(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit