detikhealth

Tak Mau Dianggap Beban, Imigran Polandia Ramai-ramai Donorkan Darah

Firdaus Anwar - detikHealth
Senin, 24/08/2015 08:02 WIB
Tak Mau Dianggap Beban, Imigran Polandia Ramai-ramai Donorkan DarahFoto: Thinkstock/Keith Brofsky
Jakarta, Imigran Polandia di Inggris pada Kamis lalu ramai-ramai melakukan mogok kerja. Mereka ramai-ramai donor darah untuk menunjukkan bahwa mereka aset berharga.

Lebih dari 2.300 orang telah mendaftarkan diri pada kampanye di Facebook yang mendorong orang untuk mendonorkan darah daripada kerja. Foto-foto di unggah ke media sosial dengan hashtag #polishblood.

Kampanye donor tersebut dilakukan sebagai bentuk protes terhadap prasangka bahwa orang imigran hanya membawa masalah ekonomi untuk Inggris. Oleh sebab itu para partisipan yang hadir berusaha menunjukkan bahwa mereka lebih banyak memberi ke masyarakat.

Baca juga: Bukan Pakai Uang, Tiket Konser di Rumania Ini 'Dibayar' Pakai Darah

George Byczynski selaku penyelanggara acara dari British Poles Initiative mengaku bahwa demonstrasi bukan cara yang tepat untuk mengutarakan pendapat.

"Beberapa minggu lalu, para pembaca di koran Polish Express berdiskusi kira-kira apa yang akan terjadi bila 10 ribu warga Polandia yang ada di Inggris tak bekerja dalam sehari," kata George kepada The Guardian dan dikutip dari berbagai sumber pada Senin (24/8/2015).

"Diskusi membicarakan bagaimana mogok kerja dapat membuktikan bagaimana kerasnya orang-orang Polandia di sini bekerja dan manfaat dari imigran secara umum untuk negara. Awalnya ide ini tidak serius, namun lama-lama mulai dibicarakan online dan terus berkembang," lanjutnya.

George sendiri besar di Krakow, Polandia, dan baru datang ke London enam tahun lalu untuk belajar ilmu hubungan internasional dan hukum internasional di Westminster University. Ia mengaku selama tinggal di Inggris belum pernah mendapat diskriminasi tapi sudah sering mendengar teman-temannya mendapat perlakuan tersebut.

Baca juga: Bagi yang Mau Langsing, Donor Darah Bisa Bakar 600 Kalori!(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit