detikhealth

Genetik Menentukan Kepintaran Anak, Benarkah?

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Senin, 05/10/2015 10:37 WIB
Genetik Menentukan Kepintaran Anak, Benarkah?Foto: Thinkstock/TongRo Images
Jakarta, Anggapan bahwa orang tua cerdas pasti memiliki anak pintar masih kental dipercaya masyarakat. Dengan kata lain, kepintaran anak pun dipengaruhi oleh genetik dari orang tua.

Dr Thomas Armstrong, PhD, pakar pendidikan anak dari Amerika Serikat mengatakan bahwa pendapat tersebut tidak salah, namun tidak sepenuhnya benar. Beberapa contoh orang hebat di dunia memang dilahirkan di keluarga yang memiliki riwayat kecerdasan tinggi.

Baca juga: Ini Dia 8 Kepintaran Anak Versi TeoriMultiple Intelligence (2)

"Tapi genetik bukan segala-galanya. Jika seseorang dilahirkan dengan otak jenius namun tidak mendapat stimulasi dan rangsangan yang diperlukan, maka otak tidak akan berkembang dan anak tidak akan menjadi apa-apa," tutur Dr Armstrong kepada detikHealth beberapa waktu lalu dan ditulis Senin (5/10/2015).

Dr Armstrong mengambil contoh ilmuwan terkemuka Albert Einstein. Einstein dilahirkan di keluarga sederhana. Bahkan pada masa kecilnya, Einstein kerap diolok-olok karena bicaranya yang gagap dan sulit membaca.

Nyatanya, Einstein kini dikenal sebagai salah satu orang dengan otak paling cerdas di dunia. Hal inilah yang membuat Dr Armstrong yakin bahwa dengan stimulasi yang tepat, anak bisa menjadi apa saja tanpa harus melihat latar belakang keluarganya.

dr Endang D Lestari, SpA(K), MPH, pakar nutrisi anak dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), memiliki pendapat serupa. Selain stimulasi dan rangsangan, hal penting lainnya yang harus diberikan orang tua kepada anak adalah nutrisi yang cukup dan seimbang.

Dikatakannya bahwa nutrisi sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Bukan hanya soal tumbuh kembang secara fisik, namun juga tumbuh kembang di bagian otak.

"Kecukupan nutrisi sangat penting untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak. Pola makan seimbang dengan cukup karbohidrat, protein, dan zat nutrisi lainnya harus terpenuhi agar anak tumbuh pintar," pungkasnya.

Baca juga: Bunda, Kepintaran Anak Bukan Hanya Ditunjukkan Nilai Bagus di Sekolah Lho!

(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close