detikhealth

Diet Experience

Terapkan Diet Mayo dan Banyak Minum Air Putih, Bobot Anastasia Turun 14 Kg

Anastasia Febrina - detikHealth
Selasa, 01/12/2015 11:02 WIB
Before
After
Bandar Lampung - Di usia yang terbilang masih muda, yakni 15 tahun, berat badan Anastasia Febrina sudah mencapai angka 72 kg. Bertepatan dengan akhir tahun 2014, Anastasia pun memilih sukses menurunkan berat badan sebagai resolusi di tahun 2015.

Pilihan metode penurunan berat badan jatuh pada diet mayo. Dikombinasikan dengan memperbanyak minum air putih plus olahraga intensitas ringan, dalam 11 bulan berat badan Anastasia berhasil turun 14 kg. Kepada detikHealth dan ditulis pada Selasa (1/12/2015), berikut ini cara diet lengkap yang dilakoni Anastasia:

Jadi saya memang dari kecil sudah memiliki badan yang berisi. Bahkan saat duduk di bangku SMP berat badan saya mencapai 68 kg, tepatnya di bulan Desember 2014. Di tambah saat itu sedang masa liburan natal, porsi makan pun tidak terkendali. Dalam sehari, saya bisa makan empat sampai lima kali.

Belum lagi kebiasaan ngemil plus konsumsi minuman soda bikin bobot saya naik. Nah, tepat di tahun baru, keluarga dan teman memberi resolusi supaya saya bisa kurus di tahun 2015. Lagipula, saya juga sudah capek sih disuruh menguruskan badan terus sama keluarga dan teman-teman. Tapi berkat motivasi merekalah saya akhirnya bertekad untuk bisa menurunkan berat badan minimal empat sampai lima kg.

Saya pun mulai mencari berbagai referensi cara diet di internet, termasuk rubrik diet experience di detikHealth yang membuat saya makin terinspirasi untuk berdiet. Saat itu saya berpikir 'Mereka aja bisa kurus kenapa saya enggak?'

Akhirnya saya mencoba diet mayo dan ternyata dalam satu minggu berat badan saya turun tiga kg. Saya makin semangat menjalani diet dan mulai mencoba mengurangi porsi makan dan tidak makan malam. Awalnya memang terasa berat karena dulunya saya kan terbiasa makan banyak. Tapi, lama-kelamaan saya jadi terbiasa makan dalam jumlah sedikit.

Makan malam pun tidak pernah sehingga kalau merasa lapar paling-paling saya minum air putih dan makan buah. Dalam sehari, sebisa mungkin saya minum 8-9 gelas. Selain menyehatkan, tujuannya untuk membuat saya kenyang. Saya juga menghindari gorengan, junk food, dan minuman bersoda.

Selain mengatur pola makan, saya juga berolahrga. Karena kebetulan saya tidak suka melakukan olahraga berat, jadi saya lakukan olahraga ringan di rumah dan kadang ditambah dengan jogging. Perlahan tapi pasti berat badan saya turun dari 69 kg menjadi 65 kg. Kini, kurang lebih sepuluh bulan menjalani diet seperti itu, berat badan saya sudah mencapai 58 kg.

Target saya sih berat badan bisa mencapai 50 kg karena menyesuaikan dengan tinggi badan. Kalau sekarang, dalam satu bulan saya wajib menurunkan bobot minimal satu kg. Untuk mencapai target, saya tetap konsisten mengurangi porsi makan, memperbanyak minum air putih, dan selalu menyempatkan waktu untuk berolahraga.


(rdn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit