detikhealth

Lewat Karnival, Anak-anak dengan Kanker Dihibur di Akhir Pekan

Firdaus Anwar - detikHealth
Minggu, 14/02/2016 12:00 WIB
Lewat Karnival, Anak-anak dengan Kanker Dihibur di Akhir PekanFoto: Firdaus Anwar
Jakarta, Lamanya pengobatan yang harus dijalani ditambah sakit dari kankernya sendiri membuat seorang pasien anak bisa kehilangan banyak waktu yang harusnya ia habiskan sebagai anak-anak. Oleh karena itu dukungan sangat diperlukan agar para pasien tak merasa stres terbebani.

Nah, pada Minggu (14/2/2016), Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YAOI) bekerja sama dengan instansi lainnya mengadakan acara Gold Ribbon Carnival. Tujuannya adalah untuk memberi semangat kepada anak-anak kanker dengan berbagai hiburan sambil meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kanker anak.

"Kami mengangkat tema carnival karena menggambarkan keceriaan dan kebersamaan yang diharapkan mampu memberikan aura positif untuk menambahkan semangat dan rasa percaya diri pasien. Anak-anak yang hadir di sini sekitar 100 dari lima rumah sakit di Jakarta," ujar ketua panitia acara, Bambang, ketika ditemui di f(X) Senayan, Jakarta, Minggu (14/2/2016).



Acara dimeriahkan penampilan oleh artis ibukota seperti Asri Welas dan band d'Masiv. Tak ketinggalan ada juga komunitas Harley Owners Group yang ikut serta memeriahkan acara dengan mengajak pasien anak berkeliling mencicipi motor besar.

"Menyenangkan. Anak-anak setelah bergelut dengan obat segala macam akhirnya jadi bisa terhibur di acara ini," ujar Feri (32), salah satu orang tua dari pasien anak yang hadir.

Orang tua lainnya, Masruroh (38), mengatakan kegiatan semacam ini sangat baik terutama untuk memberikan wawasan tambahan terhadap kanker. Ada banyak pasangan orang tua-anak dengan pengalaman masing-masing dan juga ahli yang bisa memberikan sarannya.

"Tambah wawasan yah jadi tahu perkembangan tentang kanker. Sebelumnya enggak tahu banyak (kanker -red) dan baru pertama kali ikut acara kaya gini," ujar Masruroh.

Baca juga: Perut Membesar Seperti Hamil 3 Bulan, Ternyata Ada Tumor Seberat 6 Kg




(fds/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit