detikhealth

Kopi Cegah Kerusakan Hati pada Pecandu Alkohol

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 22/02/2016 17:30 WIB
Kopi Cegah Kerusakan Hati pada Pecandu AlkoholFoto: Thinkstock
Jakarta, Konsumsi alkohol yang berlebihan bisa memicu sirosis atau pengerasan hati. Menurut sebuah penelitian, kebiasaan minum kopi bisa menangkal risiko tersebut.

Hal itu terungkap setelah para ilmuwan meneliti 430.000 partisipan. Hasil pengamatan, 2 cangkir kopi sehari bisa menurunkan risiko sirosis sebesar 44 persen.

Dibandingkan pada partisipan yang tidak mengonsumsi kopi, risiko sirosis berkurang 22 persen pada partisipan yang mengonsumsi secangkir kopi sehari. Dengan 2 cangkir sehari, risiko turun 43 persen, 3 cangkir turun 57 persen, dan 4 cangkir turun 65 persen.

"Sirosis berpotensi menjadi fatal dan tidak ada cara untuk mengobatinya," kata Dr Oliver Kennedy dari Southampton University yang melakukan penelitian tersebut, dikutip dari NYdailynews, Senin (22/2/2016).

Baca juga: Peneliti Sebut Minum Kopi Tiap Pagi Tidak Bikin Jantung Deg-degan 

Tiap tahun, sirosis diperkirakan membunuh lebih dari 1 juta orang di seluruh dunia. Pengerasan tersebut bisa dipicu oleh infeksi hepatitis, konsumsi alkohol berlebih, gangguan sistem kekebalan tubuh, perlemakan hati, dan juga dikaitkan dengan diabetes serta kegemukan.

Namun para ilmuwan tidak serta merta menganjurkan untuk mengandalkan kopi dalam menghindari risiko sirosis. Bagaimanapun, para ilmuwan belum tahu betul apa yang membuat kopi bisa memberikan perlindungan dari kerusakan hati.

"Kopi adalah campuran kompleks yang mengandung ratusan zat kimia, dan tidak diketahui yang mana yang bertanggung jawab melindungi hati," kata para ilmuwan yang mempublikasihan temuan ini di jurnal Alimentary Pharmacology and Therapeutics, baru-baru ini.

Baca juga: Punya Efek Berbeda, Seperti Apa Rasanya Kopi Dicampur Ganja? (up/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit