detikhealth

Mau Turun Berat Badan? Ini Daftar Karbohirat yang Bisa Dijadikan Solusi

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Sabtu, 09/04/2016 12:04 WIB
Mau Turun Berat Badan? Ini Daftar Karbohirat yang Bisa Dijadikan SolusiFoto: thinkstock
Jakarta, Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, seringkali pola makan yang diterapkan adalah dengan menjauhi sumber karbohidrat. Akibatnya, tubuh jadi terasa lemas.

Padahal faktanya tubuh tetap membutuhkan asupan karbohidrat meskipun Anda sedang ingin menurunkan berat badan.

Berikut detikHealth merangkum daftar asupan karbohidrat yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh Anda, sekaligus membantu proses penurunan berat badan, seperti ditulis pada Sabtu (9/4/2016):

Baca juga: Ini Menu Sarapan Terbaik untuk Bantu Turunkan Berat Badan

1. Gandum
Gandum atau biji-bijian utuh sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan, tanpa kekurangan asupan karbohidrat. Ya, asupan ini dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Selain gandum, alternatif lainnya adalah oat, barley, beras cokelat dan beras merah.

2. Kacang
Rendah kadar lemak membuat kacang-kacangan juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama, tanpa kekurangan karbohidrat. Namun pastikan Anda mengolah kacang segar ya, bukan kacang kalengan atau beku. Kacang-kacangan seperti kacang hijau dan kacang merah mengandung tinggi asam folat, serat, vitamin dan protein.

3. Sayuran
Sayuran merupakan sumber yang sangat baik dari karbohidrat, serat dan berbagai nutrisi penting lainnya seperti zat besi, vitamin dan kalium. Sayuran juga umumnya rendah kalori dan banyak mengandung serat. Pilihlah sayuran berwarna gelap seperti bayam atau brokoli. Selain itu sayuran lain seperti kubis dan wortel juga bisa menjadi pilihan.

4. Ubi jalar
Dicerna secara perlahan, asupan ini membantu mengontrol kadar gula darah dan membuat Anda kenyang lebih lama. Ubi jalar juga kaya akan vitamin C, serat, dan kalium.

5. Buah-buahan
Kebanyakan buah-buahan terdiri dari karbohidrat sederhana, protein, dan sedikit lemak. Buah-buahan juga mengandung gula alami yang disebut fruktosa. Asupan ini menyediakan mineral dan nutrisi penting, tanpa jumlah yang berlebihan dari kalori. Beberapa buah yang dijadikan pilihan yakni pisang, apel, stroberi, anggur, aprikot dan peach.

Baca juga: Waspada, Sembarangan Pangkas Asupan Lemak Justru Bikin Tubuh Cepat Melar

(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit