detikhealth

Sembuhkan Bayi Kolik dengan Chiropractic, Dokter Ini Tuai Kontroversi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 26/04/2016 17:30 WIB
Sembuhkan Bayi Kolik dengan Chiropractic, Dokter Ini Tuai KontroversiFoto: youtube
Jakarta, Seorang dokter di Australia menuai kontroversi karena memberikan terapi chiropractic pada bayi umur 4 hari. Terapi diberikan untuk menyembuhkan gangguan pencernaan.

Dokter bernama Ian Rossborough tersebut meletakkan si bayi dalam posisi telungkup di pangkuannya. Dalam video yang beredar, terdengar si bayi menangis saat dr Ian mulai memijat dan mengurut punggungnya.

Video yang beredar di Youtube tersebut mendapat komentar negatif dari para pakar kesehatan. Intinya, praktik yang dijalankan terlalu berbahaya dan tidak sebanding dengan keluhan si bayi yang sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya.

"Tidak terbukti secara saintifik adanya manfaat dari manipulasi chiropractic pada bayi maupun anak. Ada sejumlah komplikasi dan cedera yang terdokumentasi, yang terjadi karena manipulasi tulang belakang," kata salah seorang dokter anak, dr Chris Pappas.

"Apa yang menjadi perhatian saya di sini adalah kondisi yang ditangani (yaitu kolik dan refluks), tidak berbahaya dan bisa sembuh sendiri," lanjutnya.

Baca juga: Asal Tumbuh Kembang Baik, Kolik Normal Dialami Bayi Sampai Umur 4 Bulan 

Menanggapi kontroversi tentang dirinya, dr Ian kembali merilis sebuah video. Kali ini, ia menegaskan bahwa tidak ada 'crack' dalam chiropractic yang dilakukannya pada bayi. Ia hanya memijat dengan ujung jari dengan tekanan sangat kecil.

"Kami tidak meng-crack apapun, ini bukan crack, ini sangat spesifik, ini menggunakan ujung jari.. dan dengan tekanan segini saja," kata dr Ian dalam video terbarunya, sambil memangku bayi perempuannya sebagai peraga.

Menurutnya, ia memberikan terapi chiropractic karena orang tua bayi datang kepadanya. Biasanya, orang tua sudah lebih dahulu datang ke sejumlah dokter maupun rumah sakit sebelum datang kepadanya untuk menjalani chiropractic.

"Mereka dalam ke kami dalam keputusasaan," kata dr Ian, dikutip dari news.com.au, Senin (26/4/2016).

Baca juga: Mau Jalani Chiropractic atau Lainnya, Cari Tahu Dulu Sebab Sakitnya (up/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close