detikhealth

Artikel 18+

Studi Pastikan Banyak Minum Alkohol Bisa Ganggu Kemampuan Ereksi

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Minggu, 29/01/2017 16:15 WIB
Studi Pastikan Banyak Minum Alkohol Bisa Ganggu Kemampuan EreksiFoto ilustrasi: GettyImages/SeriousEat
Jakarta, Ketika seorang pria 'dilumpuhkan' oleh disfungsi ereksi, penyebabnya bisa beragam. Di antaranya penyempitan pembuluh darah maupun penyakit yang diderita seperti diabetes dan hipertensi.

Tetapi kebiasaan sebagian pria juga ikut mempengaruhi kemunculan kondisi ini. Dr Adam Simon dari layanan dokter digital Push Doctor mengatakan kebiasaan yang ia maksud adalah mengonsumsi terlalu banyak alkohol.

Diakui Simon, tidak ada ketentuan pasti berapa banyak alkohol yang dikonsumsi pria sehingga bisa mempengaruhi performa seksualnya. Hal ini karena adanya perbedaan pada respons tubuh tiap orang terhadap alkohol.

"Tetapi alangkah baiknya kita tidak minum 14 unit alkohol dalam sepekan atau setara dengan 6 gelas wine atau bir. Bila minum sebanyak ini, akan memicu masalah kesuburan dan seksual pada pria," ungkap Simon.

Bahkan ia tidak mengecualikan wanita. Bila wanita juga mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang sama, maka efeknya pun tak jauh berbeda.

Baca juga: Riset Buktikan Konsumsi Alkohol Memicu Kanker pada 7 Bagian Tubuh Manusia

Mengapa bisa demikian? Simon menjelaskan, normalnya, pembuluh darah akan terbuka untuk memperlancar aliran darah ke alat kelamin pria, lalu menutup lagi agar darahnya tidak keluar begitu saja dan memudahkan mereka untuk memperoleh ereksi.

"Tetapi jika Anda minum terlalu banyak, tubuh tidak akan bisa menyempurnakan proses tersebut, jadi aliran darahnya bisa keluar masuk sesuka hati," paparnya seperti dilaporkan Express.co.uk.

Simon juga memperingatkan gangguan kesuburan akibat alkohol tak dapat disepelekan. Pada pria, gangguan kesuburan ini merujuk pada rendahnya jumlah dan kualitas sperma akibat mengonsumsi alkohol sehingga bisa mengurangi peluang keberhasilan untuk menghamili pasangannya.

"Simpel saja, kurangi jatah minum Anda, Anda akan terhindar dari gangguan performa seksual sekaligus meningkatkan peluang untuk mendapatkan keturunan," pungkasnya.

Baca juga: Mana yang Paling Berbahaya dan Mematikan: Alkohol, Heroin atau Kokain?(lll/vit)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close