detikhealth

Cara Menentukan Masa Subur Wanita

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Jumat, 21/04/2017 20:02 WIB
Cara Menentukan Masa Subur WanitaIlustrasi (Foto: Dikhy Sasra)
Jakarta, Berhubungan intim saat masa subur bisa membantu memperbesar peluang kehamilan. Lantas, bagaimana caranya menghitung masa subur wanita?

Jika menstruasi teratur, hitung mundur dari tanggal menstruasi berikutnya dikurangi 14. Nah, masa subur dimulai dari dua hari sebelum tanggal tersebut sampai dua hari sesudah tanggal hitungan didapat. Demikian disampaikan dr Noviyanti, SpOG dari RS Mayapada Tangerang.

"Misalnya haid berikutnya sudah pasti tanggal 28. Ya sudah, dikurangi saja 14. Jadinya kan tanggal 14. Nah, tanggal 12, 13, 14, 15, dan 16 itu masa suburnya. Kalau haid-nya nggak teratur itu agak susah menghitung masa suburnya," tutur dr Novi usai Live Chat 'Keputihan dan Masalah Kewanitaan' yang digelar detikHealth dan detikForum di kantor detikcom, Jl Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, Kamis (20/4/2017).

Sehingga, dr Novi menyarankan pada wanita dengan siklus haid yang tidak teratur, sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk dihitungkan kapan masa suburnya.

dr Novi mengatakan, jika siklus memanjang 21-35 hari, itu lebih mudah dilakukan penghitungan masa subur dibandingkan ketika siklus haid si wanita lebih dari 35 hari, sehingga perlu dibantu penghitungan masa suburnya oleh si dokter.

Baca juga: Adakah Ciri-ciri untuk Pastikan Wanita Subur Atau Tidak?

"Karena nanti kita juga pakai USG transvaginal untuk melihat si wanita sedang dalam masa suburnya atau tidak dari ukuran sel telur yang terlihat pada USG transvaginal," tambah dr Novi.

Pada wanita, jika haid yang terjadi lebih dari seminggu apalagi jika tiap bulan bisa terjadi selama 2-3 minggu, itu tidak normal. Menurut dr Novi, harus dicari tahu apa sebabnya. Apakah ada tumor di rahim, di mulut rahim, atau hanya keseimbangan hormonal saja yang terganggu.

"Gangguan keseimbangan hormonal selain bisa menyebabkan keputihan, juga bisa menyebabkan perdarahan di luar tanggal haid atau perdarahan saat haid yang memanjang," kata dr Novi.

Baca juga: Demi Kesuburan, Wanita Sebaiknya Tidak Kerja Fisik(rdn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close