detikhealth

Mitos atau Fakta?

Minum Air Es Picu Penumpukan Lemak di Perut dan Bikin Gemuk?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Jumat, 19/05/2017 07:07 WIB
Minum Air Es Picu Penumpukan Lemak di Perut dan Bikin Gemuk?Foto: Thinkstock
Jakarta, Pernahkah Anda mendengar informasi bahwa minum air es harus dihindari karena bisa bikin gemuk? Ya, air es sering disebut-sebut dapat membuat lemak mudah menumpuk di perut.

Saksikan video 20detik tentang dampak minum air es di sini:


Hal ini disebut oleh nutrisionis dari Lagizi, Jansen Ongko, MSc, RD sebagai mitos belaka. Menurutnya, sama sekali tidak ada hubungan antara penumpukan lemak di perut dengan minum air es atau minuman dingin.

"Air es bisa bikin obesitas itu bagaimana caranya, dia nggak ada kalorinya. Tapi saya rasa kenapa es di Indonesia bikin gemuk adalah karena semua es itu pasti enak dan manis," ujar Jansen kepada detikHealth.

Baca juga: Makan Nasi Harus Separuh Porsi Kalau Mau Langsing, Benar Tidak Ya?

Ya, menu-menu minuman yang menggunakan es dilanjutkan nutrisionis lulusan California State University, Los Angeles ini seringkali berupa jajanan yang manis dan menggunakan bahan tambahan lain cukup banyak seperti gula dan sirup. Bahan tambahan inilah yang sebenarnya membuat gemuk, bukan esnya itu sendiri.

Dikutip dari bukunya yang berjudul 'Fit Teen's Diary', Jansen juga menuturkan bahwa es batu hanya dibuat dari air putih yang didinginkan. Maka dari itu, sudah bisa dipastikan air putih dingin maupun es batu tidak mengandung kalori, sehingga mengonsumsinya tidak memicu kegemukan.

"Mitos ini terbentuk karena banyaknya minuman-minuman dingin seperti es teh manis atau es campur yang mengandung tinggi gula, tapi yang disalahkan malah es batunya," imbuh Jansen.

Jika ingin mengonsumsi air dingin atau es batu, selain tambahan lain seperti gula dan pemanis, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kualitas dari air putih itu sendiri. Jansen menyebutkan, akan menjadi masalah lain seperti diare jika es batunya terbuat dari air mentah.

Baca juga: Kandungan Gula Alami Pada Buah Juga Bisa Picu Diabetes dan Bikin Gemuk?


(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit