detikhealth

Seperti Halnya Wanita, Pria Juga Harus Ikut Mempersiapkan Kehamilan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Sabtu, 15/07/2017 20:19 WIB
Seperti Halnya Wanita, Pria Juga Harus Ikut Mempersiapkan KehamilanPersiapan hamil tidak hanya dilakukan oleh wanita, tetapi juga pria (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Kehamilan identik dengan wanita, tentu saja karena hanya wanita yang mengalaminya. Disebut-sebut, wanita harus mempersiapkan kehamilan sejak sebelum menikah.

Menurut dokter bagian fetomaternal RS Cipto Mangunkusumo, dr M. Adya F. Dilmy, SpOG, BMsc, pria juga perlu berpartisipasi dalam proses persiapan kehamilan. "Kesehatan suami juga dipersiapkan sejak dini," katanya.

Baik pada pria maupun wanita, persiapan kehamilan harus dimulai sejak dini. Dukungan nutrisi yang baik akan sangat berpengaruh pada kesehatan sang buah hati nantinya.

"Gizi dan nutrisi yang dikonsumsi itu bisa mempengaruhi kesehatan bayi nantinya," ujarnya saat acara halal bihalal dan seminar kesehatan di Auditorium Gedung BKKBN, Jl. Permata No. 1 Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (15/7/2017).

Baca juga: Kisah Andien Menyiapkan Kehamilan Sejak Sebelum Nikah

Menurutnya nutrisi seperti zat besi, mineral, zink, dan lainnya harus diperhatikan sejak wanita memasuki masa pubertas. "Dari mulai haid sudah dipersiapkan untuk menjadi ibu yang handal," imbuh dokter yang disapa dr Dido.

Hal yang sama juga dituturkan oleh dr Ulul Albab, SpOG bahwa wanita juga harus melakukan periksa kesehatan organ reproduksinya sebelum menikah.

"Jadi ada prenatal screening, ada beberapa screening sebelum dia menikah. Ada masalah nggak di organ untuk kehamilannya nanti," jelasnya.

Baca juga: 3 Pesan Penting Pak Dokter Agar Kehamilan di Trimester Pertama Tetap Sehat

(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit