detikhealth

Bolehkah Bumil Olahraga? Ini Kata Dokter

Widiya Wiyanti - detikHealth
Senin, 17/07/2017 12:28 WIB
Bolehkah Bumil Olahraga? Ini Kata DokterPetenis Luksemburg, Mandy Minella tampil di Wimbledon meski tengah hamil (Foto: Clive Brunskill/Getty Images)
Jakarta, Beberapa wanita menganggap bahwa berolahraga saat hamil itu baik dan beberapa menganggap tidak. Di tengah spekulasi ini, bagaimana sebenarnya anggapan dokter?

Ditemui saat acara halal bihalal dan seminar kesehatan di Auditorium Gedung BKKBN, Jl. Permata No. 1 Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur beberapa waktu yang lalu, dr Ulul Albab, SpOG dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan bahwa ibu hamil harus tetap berolahraga untuk kesehatannya dan juga janinnya.

"Olahraga tetap dilanjutkan, boleh," tegas dr Ulul.

"Tapi intensitas dan beratnya disesuaikan. Kalau angkat berat jangan lah pas hamil, tapi kalau dia hanya kardio ringan nggak ada masalah," lanjutnya.

Baca juga: Hati-hati Bumil, Mual Berlebih Bisa Jadi Hiperemesis Gravidarum

Melihat ada beberapa wanita yang memiliki hobi fitness, hingga hamil pun mereka tetap melakukannya dengan rutin. Sebaiknya fitness dengan beban berat dihindari oleh ibu hamil.

"Olahraga saat hamil itu perlu, kenapa? Orang hamil juga perlu tenaga, perlu peregangan pelvisnya, diperlukan saat dia nanti melahirkan," imbuh dr Ulul.

Baca juga: Foto: Tangguhnya Pelari Ini, Tetap Berlomba Meski Hamil 5 Bulan

Sebaliknya, beberapa wanita berpikir bahwa olahraga berbahaya pada ibu hamil yang mungkin bisa menyebabkan kelelahan berlebih hingga gangguan pada kehamilannya.

"Nggak bagus juga kalau 'ah saya nggak mau olahraga pada saat hamil'. Itu alasan, males namanya," tutupnya.

Baca juga: Kangen Lapangan, Serena Williams Tetap Main Tenis Saat Hamil

Di kalangan atlet, hamil bahkan tidak menjadi penghalang untuk tetap bertanding. Di ajang Wimbledon 2017 baru-baru ini, petenis Luxemburg Manny Minella turun di nomor tunggal dan ganda putri sekaligus, meski tengah mengandung 4,5 bulan. Sedangkan di cabang atletik, pelari Alysia Montano asal Amerika Serikat tetap mengikuti lomba lari 800 meter di USA Track and Field Outdoor Championships, dalam kondisi hamil 5 bulan.

Alysia Montano tetap berlomba meski hamil 5 bulanAlysia Montano tetap berlomba meski hamil 5 bulan Foto: Getty Images


Baca juga: Hamil 4,5 Bulan Tak Halangi Mandy Minella Tampil di Wimbledon

(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit