detikhealth

Tinggi Kalori, 5 Asupan Ini Justru Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Senin, 17/07/2017 20:10 WIB
Tinggi Kalori, 5 Asupan Ini Justru Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: thinkstock
Jakarta, Untuk menurunkan berat badan, biasanya orang akan langsung menghilangkan asupan tinggi kalori dalam dietnya sehari-hari. Nyatanya, ada beberapa asupan tinggi kalori yang bisa jadi pilihan.

Ya, beberapa pakar justru mengungkapkan bahwa sebagian makanan tinggi kalori juga baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Apa saja? Berikut pilihannya:

Baca juga: Apa Sih Bedanya Diet Ketogenik dengan Diet Ketofastosis

1. Alpukat

Alpukat memang memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi, namun buah ini juga memiliki sekitar 20 vitamin dan mineral, serta serat yang tinggi. Menurut nutrisionis Samantha Cassety, RD, alpukat kaya akan potassium dan juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal.

Seiring dengan serat, lemak ini dapat membantu Anda tetap kenyang lebih lama, sehingga membantu mengurangi nafsu makan berlebih sepanjang hari.

2. Kuning telur

Menurut Laura Schoenfeld, RD, untuk menurunkan berat badan orang seringnya akan memilih putih telur dibanding kuning telur, namun hal ini tidak dapat membantu menurunkan berat badan dalam jangka panjang. Faktanya kuning telur banyak mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, B, K2, dan kolin.

"Nutrisi ini membantu mendukung fungsi metabolisme dan kesehatan tiroid Anda, yang keduanya sangat penting dalam proses penurunan berat badan. Kuning telur adalah salah satu lemak padat nutrisi yang bisa menjadi pilihan untuk menurunkan berat badan," tutur Schoenfeld.

Tinggi Kalori, 5 Asupan Ini Justru Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock


3. Susu

Untuk bisa menurunkan berat badan, biasanya Anda akan direkomendasikan untuk mengonsumsi produk susu bebas lemak atau rendah, namun nyatanya hal ini mungkin tidak terlalu membantu.

"Penelitian saat ini menunjukkan bahwa populasi yang mengonsumsi susu berlemak tinggi memiliki tingkat obesitas lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi susu rendah lemak," imbuh Schoenfeld mengatakan.

Temuan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah bahwa susu mengandung asam lemak yang disebut asam linoleat terkonjugasi atau conjugated lineoleic acid (CLA), yang diperkirakan dapat memperbaiki penurunan lemak.

Baca juga: Ampuh Turunkan Berat Badan, Diet Keto Dulunya untuk Obati Epilepsi

4. Kacang-kacangan

Saat Anda sedang ingin menurunkan berat badan, Anda bisa memilih kacang-kacangan sebagai menu camilan sehat. Kacang-kacangan kaya akan protein, serat, dan lemak tak jenuh, sehingga membantu membuat Anda kenyang lebih lama. Agar porsinya tak berlebihan, pisahkan seporsi kacang dari bungkusnya di wadah lain ya.

5. Minyak zaitun

Minyak ini kaya akan asam lemak tak jenuh ganda, sehingga mengandung lengkap omega-3 dan omega-6 yang membantu menurunkan risiko peradangan. Peradangan ini merupakan salah satu penyebab umum penambahan berat badan. Minyak zaitun atau olive oil baik digunakan sebagai topping salad.

Baca juga: The Coffee Diet, Tren Turunkan Berat Badan dengan Minum Kopi

(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit