detikhealth

Sunday Night Blues, Pernah Mengalami? Ini Cara Mengatasinya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Minggu, 13/08/2017 17:05 WIB
Sunday Night Blues, Pernah Mengalami? Ini Cara MengatasinyaStres karena besok senin sering dialami banyak orang. Foto: thinkstock
Jakarta, Cemas saat ketika akhir pekan akan segera berlalu? Tenang, Anda tidak sendiri. Banyak orang yang juga mengalami kondisi serupa. Ketika ini terjadi sebaiknya apa yang dilakukan ya?

Dikutip dari INC, Minggu (13/8/2017), sebaiknya persiapkan sejumlah hal berikut untuk meminimalisir rasa takut dan cemas yang menghampiri ketika mengingat bahwa hari akan berganti dalam waktu beberapa jam saja.

1. Cari tahu apa yang membuat Anda takut
Saat dihantui cemas, pahami lebih lanjut apa yang membuat Anda merasa tidak nyaman. Apakah karena pekerjaan yang menumpuk atau karena memang sedang tidak enak badan? Mengidentifikasi masalah bisa membantu Anda mencari jalan keluar permasalahan.

2. Susun agenda seminggu ke depan
Buat catatan yang berisi persiapan untuk menghadapi seminggu ke depan. Selain bisa memudahkan Anda, ini juga membuat Anda terasa lebih relaks di akhir pekan yang akan datang. No more sunday night blues!

Baca juga: 4 Cara Unik untuk Usir Stres di Akhir Pekan

3. Buat jurnal emosi
Tuliskan mengenai apa yang Anda rasakan selama seminggu kemarin, dan pada setiap akhir pekan Anda bisa mengevaluasi seperti apa tingkat stres yang Anda hadapi.

4. Jangan terlalu giat bekerja
Ketika di bawah tekanan, ada sejumlah orang yang malah memaksakan diri untuk bekerja. Beberapa juga ada yang mengecek email untuk keperluan pekerjaan. Jika sudah begitu, batasi waktu di bawah 30 menit dan fokus untuk memanjakan diri selama masih ada waktu bersantai.

5. Bersenang-senang
Ya, akhir pekan memang disiapkan agar Anda bisa menyegarkan pikiran. Tak ada salahnya memesan pizza dan mengundang teman-teman untuk bersantai bersama. Happy weekend!

Baca juga: Apa Rencana Anda di Akhir Pekan Ini?(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close