detikhealth

Bantu Zimaam! Jagoan Cilik Ini Sedang Berjuang Melawan Cerebral Palsy

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Minggu, 13/08/2017 18:12 WIB
Bantu Zimaam! Jagoan Cilik Ini Sedang Berjuang Melawan Cerebral PalsyFoto: thinkstock
Jakarta, Usia Zimaam sudah 20 bulan, namun sehari-hari bayi asal Cianjur ini hanya bisa berbaring. Zimaam mengidap cerebral palsy yang membuat tubuhnya terlalu lemah untuk bisa berguling, apalagi duduk.

"Lehernya terlalu lemah, jadi saat ini hanya bisa baring," kata Ririn Saprina, ibu Zimaam saat dihubungi detikHealth, Minggu (13/8/2017).

Ketika berusia 1,5 bulan, Zimaam mengalami demam dan kejang. Oleh Ririn, Zimaam dibawa ke IGD (Instalasi Gawat Darurat) RSUD Cianjur. Pemeriksaan menunjukkan, Zimaam mengalami perdarahan intrakranial di otak.

Perdarahan tersebut menyebabkan Zimaam mengalami koma dan harus dioperasi. Ririn menuturkan, proses penyembuhan luka operasi tidak berjalan mulus. Zimaam mengalami infeksi, dan belakangan didiagnosis Cerebral Palsy Quadriphlegi Spastis.

Di usianya yang hampir 2 tahun saat ini, Zimaam mengalami hambatan pada perkembangan motorik. Sehari-hari ia hanya mampu berbaring, dan harus menjalani fisioterapi yang intensif di Bandung.

Baca juga: Kegemukan Saat Hamil Tingkatkan Risiko Cerebral Palsy pada Anak

"Zimaam harus fisioterapi seminggu sekali. Saya ngekost di Bandung sekarang," kata Ririn yang berprofesi sebagai freelance designer tersebut.

Yang menjadi kekhawatiran Ririn, dokter tidak bisa memperkirakan berapa lama buah hatinya akan butuh fisioterapi. Dari cerita para orang tua dengan penyakit serupa, proses fisioterapi untuk anak dengan cerebral palsy bisa memakan waktu bertahun-tahun. Dokter hanya menjanjikan untuk terus memantau perkembangannya.

"Kalau Zimaam bisa duduk, maka ada harapan kelak dia bisa berjalan," pungkas Ririn yang akhirnya membuka penggalangan dana untuk menutup biaya pengobatan Zimaam sejak operasi hingga kelak selesai fisioterapi.

Baca juga: Menginspirasi! Pria Ini Sukses Jadi Bodybuilder Meski Idap Cerebral Palsy

Bantu Zimaam! Jagoan Cilik Ini Sedang Berjuang Melawan Cerebral PalsyZimaam belum bisa berguling di usia 20 bulan karena tubuhnya terlalu lemah. Foto: Ririn Saprina


(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit