detikhealth

Dampak Polusi Asap, Angka Harapan Hidup Penduduk China Berkurang 3 Tahun

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Rabu, 13/09/2017 14:04 WIB
Dampak Polusi Asap, Angka Harapan Hidup Penduduk China Berkurang 3 TahunPolusi asap di bagian utara China membuat angka harapan hidupnya lebih rendah 3 tahun daripada penduduk di bagian selatan. Simak selengkapnya di sini: Foto: Getty Images
Jakarta, Polusi asap di China sudah sangat mengkhawatirkan. Riset terbaru dari Energy Policy Institute, University of Chicago (EPIC) menyebut akibat polusi, angka harapan hidup penduduk di utara China berkurang hingga 3,1 tahun.

Bagian utara China merupakan daerah paling terdampak polusi asap yang berasal dari pembakaran batubara di musim dingin. Dibandingkan dengan daerah selatan, di mana batubara tidak digunakan sebagai penghangat, penduduk bagian utara China juga lebih berisiko mengalami masalah pernapasan dan kardiovaskular.

Baca juga: Polusi Asap Jadi Faktor Risiko Terbesar Kanker Nasofaring

"Kita tahu bahwa di daerah dengan polusi tinggi, lebih banyak orang yang sakit dan meninggal. Dengan adanya studi ini kami berharap agar efek jangka panjang polusi tidak lagi dianggap remeh," ungkap direktur EPIC Michael Greenstone, dikutip dari Reuters.

Penelitian dilakukan sejak tahun 2004 hingga 2012 di 154 kota di China. Dari penelitian ini ditemukan bahwa tiap 10 mikrogram polutan bisa mengurangi angka harapan hidup 0,6 tahun.

Meski begitu, EPIC mengatakan risiko kehilangan angka harapan hidup bisa dikurangi jika China mengikuti anjuran penanganan polusi yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dengan mengikuti anjuran WHO, angka harapan hidup bisa bertambah hingga 3,5 tahun.

Kan Haidong dari School of Public Health, Fudan University, Shanghai, menyebut dampak jangka pendek polusi asap bagi kesehatan sudah diketahui. Oleh karena itu pemerintah China sudah menyusun strategi untuk menanggulangi masalah pernapasan hingga kardiovaskular yang merupakan dampak dari polusi asap.

"Dalam 5 tahun kami akan mengetahui apa dampak polusi ini bagi kesehatan masyarakat jangka panjang," tutupnya.

Baca juga: Sering Terpapar Asap Polusi, Hati-hati Berat Badan Bisa Naik

(mrs/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit