detikhealth

Kehilangan Suara yang Dialami Penyanyi Biasanya Disebabkan Oleh Hal Ini

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 14/09/2017 09:07 WIB
Kehilangan Suara yang Dialami Penyanyi Biasanya Disebabkan Oleh Hal IniMenyanyi bisa membuat pita suara berkontraksi berlebihan. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta, Suara serak tentu tidak menyenangkan, apalagi bagi para penyanyi baik penyanyi internasional maupun lokal. Bagi penyanyi, suara amat penting dalam kehidupan karena selain untuk memudahkan berkomunikasi, suara jadi modal utama berkarir.

Menurut dr Zainal Adhim, SpTHT-KL (K), PhD, beberapa penyanyi biasanya kerap mengalami vocal nodul. Hal ini terjadi akibat kontraksi dari pita suara yang berlebihan dan bukan hanya dialami oleh penyanyi saja tetapi juga guru, yang sifatnya jinak dan bisa diterapi.

"Kenapa terjadi suara serak karena dia mengganggu pergerakan pita suara. Dari beberapa kasus kalau tepat mengambil lesinya itu ia biasanya akan normal lagi. Ada beberapa penyanyi yang mengalami vocal nodul itu setelah diambil ia bisa beraktivitas lagi, cuma memang harus ekstra hati-hati mengambilnya," ujar dr Zainal dalam diskusi media 'Waspadai Suara Serak' di bilangan Senayan, Jakarta Pusat.

Baca juga: Alasan Mengapa Perokok Rata-rata Bersuara Serak

Pita suara yang normal berbentuk simetris, artinya kanan dan kirinya sama. Namun pada penyanyi yang mengalami vocal nodul seolah terasa mengganjal, sehingga salah satu akan berusaha sekuat tenaga untuk merapat.

Akibatnya, yang satu besar sementara yang satunya lagi kecil. Nah ini yang menyebabkan suara kadang tidak kembali normal 100 persen, dan penyanyi tersebut perlu latihan supaya normal kembali.

"Jadi intinya, kalau misal ada nodul harus cepat ditangani jangan menunggu lama, ada yang sampai setahun, dua tahun," ucap dr Zainal.

"Nah kalau sudah setahun, dua tahun memang agak susah untuk normal 100 persen. Tapi kalau baru 3 bulan, 2 bulan dan belum ada hal-hal yang lain biasanya relatif normal kembali," ucapnya lagi.

Baca juga: Suara Serak dan Tiba-tiba Hilang? Waspada, Bisa Jadi Ini Penyebabnya(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit