detikhealth

Mengunyah Makanan dengan Terburu-buru Ganggu Kesehatan Telinga?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 13/10/2017 06:18 WIB
Mengunyah Makanan dengan Terburu-buru Ganggu Kesehatan Telinga?Foto: thinkstock
Jakarta, Sarapan memang sebaiknya dilakukan tidak dengan terburu-buru. Beberapa orang meyakini, mengunyah dengan tergesa-gesa bisa mengganggu kesehatan telinga. Tapi benarkah itu alasannya?

Menurut dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan dari RS Permata Depok, dr Linda Herliana, SpTHT-KL, Mkes, sebenarnya tidak ada hubungan atau dampak secara langsung antara mengunyah terburu-buru dengan kesehatan telinga. Hanya saja pergerakan kotoran di liang telinga tidak maksimal.

"Sebenarnya kalau mengunyah terlalu cepat, hubungannya ke telinga sakit, nggak juga. Paling hanya ya pergerakan kotorannya tidak bagus. Karena kan kalau makin lambat pergerakannya maksimal ya," terang dr Linda, sapaan akrabnya saat berbincang dengan detikHealth.

Baca juga: Jangan Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Bisa Merusak Telinga

Jadi kegiatan mengunyah tersebut lebih berhubungan pada pergerakan kotoran telinga. Sebab pada saat berbicara atau pada saat makan, salah satunya mengunyah, rambut-rambut yang ada di liang telinga otomatis bergerak dan mendorong kotoran keluar.

"Kotoran telinga sepanjang kita mengunyah akan terdorong keluar. Kecuali ada gangguan, misal batuk, pilek, radang tenggorokan, itu lain lagi ceritanya," pungkas dr Linda.

Makan dengan tidak terburu-buru sebenarnya dianjurkan agar bisa lebih fokus dengan makanannya. Perilaku ini termasuk bagian dari mindful eating, seperti halnya anjuran untuk tidak makan sambil memainkan ponsel maupun menonton televisi.

Baca juga: Wajib Perhatikan Hal Ini Agar Telinga Tak Budek

(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit