detikhealth

Puting Payudara Wanita Ini Terlepas Karena Bakteri Pemakan Daging

Widiya Wiyanti - detikHealth
Selasa, 17/10/2017 17:40 WIB
Puting Payudara Wanita Ini Terlepas Karena Bakteri Pemakan DagingIlustrasi bedah: thinkstock
Jakarta, Ibu beranak satu, Alicia Wartez hampir kehilangan asa karena bakteri pemakan daging bersarang di kedua payudaranya. Ini dimulai pada bulan Maret 2015, setelah ia menemukan benjolan mencurigakan di dadanya.

Wertez meminta dokter untuk melakukan mastektomi atau prosedur pengangkatan payudara setelah tes menunjukkan adanya sel pra-kanker. Tapi, setelah menemukan benjolan kedua, dokter sepakat melakukan operasi pencegahan.

Dokter mendiagnosis wanita asal Florida ini dengan penyakit fasciitis nekrotikan, yaitu infeksi parah yang menyerang lapisan jaringan ikat subkutan (fascia), di mana infeksi ini dapat menyebar dengan cepat.

"Itu adalah mimpi buruk karena payudara saya membusuk lebih parah setiap hari, keduanya berwarna ungu dan tertutup bintik-bintik nanah. Saya diyakinkan oleh dokter dan perawat yang mengatakan hal itu normal, tapi saya sangat menderita," ujar Wartez dikutip dari New York Post, Selasa (17/10/2017).

Baca juga: Bintik-bintik di Dada Wanita Ini Ternyata Gejala Kanker Langka

Wartez diberi tahu bahwa dia perlu melakukan operasi darurat untuk mendapatkan infeksi jaringan dalam. Tapi, sudah terlambat dan jaringan payudaranya sudah hancur sehingga putingnya terlepas.

Infeksi telah menyebar ke paru-paru dan otot dadanya. Ini menyebabkan puting payudaranya terlepas.

"Saya menjalani lima kali operasi untuk menyelamatkan hidup saya dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh bakteri pemakan daging ini," katanya.

Setelah menjalani beberapa kali operasi, Wartez masih bisa bertahan dengan bantuan obat yang menyebabkan rambutnya rontok dan kulitnya mengering.

"Kedua payudaraku dimakan oleh penyakit ini, tapi aku beruntung bisa bertahan. Saya harap wanita lain membaca ceritaku dan membuat diri mereka sadar akan jenis komplikasi ini," harap Wartez.

Baca juga: Kisah Samantha dan Bekas Mastektominya yang Indah

(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit