detikhealth

Berbagai Kondisi Kaki yang Menandakan Masalah Kesehatan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 18/10/2017 17:08 WIB
Berbagai Kondisi Kaki yang Menandakan Masalah KesehatanBanyak dari mereka mengabaikan gejala awal yang telah tubuh tunjukkan. Jika diamati, beberapa gejala awal penyakit diungkapkan lewat kaki. Foto: Thinkstock
Jakarta, Ketika seseorang menderita suatu penyakit, banyak dari mereka mengabaikan gejala awal yang telah tubuh tunjukkan. Jika diamati, beberapa gejala awal penyakit juga diungkap lewat kaki.

Kondisi kaki Anda bisa menunjukkan apa yang terjadi pada kesehatan tubuh Anda. Mulai dari kaki yang kering dan terkelupas sampai mati rasa. Untuk mengetahui bagaimana kesehatan Anda berikut beberapa tanda yang bisa dideteksi melalui kaki.

1. Gangguan tiroid
Kaki yang terlalu kering dan terkelupas bisa menjadi pertanda masalah tiroid, terlebih jika sudah mencoba menggunakan pelembab dan itu tidak banyak membantu. Seseorang yang memiliki masalah tiroid akan mengalami kekeringan kulit yang parah.

2. Peripheral Arterial Disease (PAD)
Kondisi kesehatan lain yang diungkapkan lewat kaki adalah kebotakan pada rambut jari kaki. Hal ini disebabkan oleh Peripheral Arterial Disease (PAD) atau keadaan di mana sirkulasi arteri menyempit sehingga mengurangi aliran darah ke kaki. Penyakit ini juga menyebabkan penurunan pertumbuhan rambut pada kaki sehingga jari kaki terkesan gundul.

3. Asam urat atau gout
Nyeri ada kaki atau jari kaki merupakan indikasi asam urat atau gout, yang merupakan sejenis radang sendi. Kondisi ini biasanya mempengaruhi sendi pada jempol kaki. Karena itu hindari makanan tinggi purin.

Luka pada kaki yang tak sembuh-sembuh bisa jadi gejala diabetesLuka pada kaki yang tak sembuh-sembuh bisa jadi gejala diabetes Foto: thinkstock


4. Diabetes
Salah satu gejala diabetes yang paling umum adalah luka pada yang tak sembuh-sembuh. Hal ini bisa terjadi karena kadar glukosa yang tidak terkontrol yang merusak saraf dan mempengaruhi sirkulasi darah. Laporan mencatat bahwa orang yang mengalami diabetes didiagnosis dengan masalah kaki pada awalnya. Beberapa gejala diabetes lainnya yaitu kesemutan dan sering mati rasa di kaki.

5. Infeksi jantung
Jika Anda menemukan garis merah di bawah kuku jempol kaki, berhati-hatilah. Ini bisa menjadi pertanda adanya pembuluh darah yang rusak. Hal ini terjadi ketika terjadi penggumpalan di bagian di bawah kuku. Hal tersebut bisa jadi merupakan tanda penyakit endokarditis, infeksi di bagian jantung.

6. Kanker paru-paru atau penyakit jantung
Gejala jari kaki yang membengkak kerap dikaitkan dengan kanker paru-paru, infeksi paru kronis, penyakit jantung, dan penyakit usus. Kanker paru-paru dan penyakit jantung akan menurunkan resistensi vaskular, yang berari aliran darah ke arteri kecil di kuku kaki dan ujung jari akan meningkat.

Psoriasis dapat dilihat dari bentuk kukuPsoriasis dapat dilihat dari bentuk kuku Foto: Thinkstock


7. Psoriasis
Gejala lain yang tidak boleh Anda abaikan adalah lubang atau alur kecil di kuku kaki Anda. Telah ditemukan bahwa orang yang menderita psoriasis kuku juga mengalami psoriasis di bagian kulit. Perlu dicatat bahwa hanya ada lima persen orang yang mengalami psorias di bagian kuku dan tidak mengalami hal yang sama di bagian tubuh lainnya.

8. Anemia atau lupus
Kuku yang menyerupai sendok merupakan indikasi kekurangan zat besi. Hal tersebut bisa menjadi pertanda penyakit anemia atau lupus. Kondisi seperti ini biasanya dialami oleh anak kecil, namun akan normal dengan sendirinya dalam beberapa tahun mendatang. Jika Anda mengalami hal ini, segera periksakan. Anda mungkin harus menjalani tes darah lebih lanjut untuk mengetahui sebab sebenarnya dari kondisi tersebut.

9. Kanker kulit
Jika Anda melihat garis gelap dan vertikal di bawah kuku jari kaki Anda, itu bisa menjadi pertanda melanoma, sebuah jenis kanker kulit yang menyerang bagian tubuh yang sifatnya sulit terlihat. Garis hitam yang dimaksud akan dimulai dari ujung kuku, lurus hingga berhenti di dasar kuku. Namun untuk lebih jelas, mungkin kamu harus memeriksakan diri ke dermatolog atau ahli penyakit kulit.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit