detikhealth

Hindari Salah Beli Antibiotik, Pastikan Apoteker Ada di Tempat

Azmy Cahya Ramadhaniar - detikHealth
Rabu, 15/11/2017 09:30 WIB
Hindari Salah Beli Antibiotik, Pastikan Apoteker Ada di TempatPastikan saat membeli antiobiotik harus ada si apoteker jika tidak mau salah obat. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Untuk mencegah kesalahan dalam membeli obat, pastikan apoteker berjaga di apotek ketika Anda membeli obat. Kehadiran apoteker dapat mencegah kesalahan dalam memilih obat yang nantinya akan berdampak pada tubuh kita termasuk mencegah resistensi antibiotik.

"Apoteker adalah salah satu "Agent Of Change" dalam pencegahan resistensi antibiotik." ungkap Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia, Nurul Falah Eddy Pariang.

Apoteker merupakan tenaga kesehatan yang mempunyai pengetahuan tentang resistensi antibiotik yang cukup mumpuni dalam melakukan pelayanan khususnya mengenai apotik, apoteker juga memiliki ekstra komitmen dalam menangkal tingginya resistensi antibiotik di Indonesia.

"Apoteker dapat membantu pemerintah dalam mengendalikan resistensi antibiotik, karena apoteker terlibat dalam produksi, distribusi, dan juga pelayanan terutama memberikan antibiotik sesuai resep dokter kepada masyarakat. Kalau membeli obat tidak ada apotekernya, tinggalkan apotek itu dan pergi cari apotek lainnya yang ada apotekernya." kata Eddy.


Baca juga: Ini yang Harus Kamu Tahu Tentang Antibiotik


Ditemui dalam acara pekan kepedulian antibiotik, Eddy mengatakan bahwa seorang apoteker yang bertanggung jawab tidak menjual antibiotik tanpa resep dokter, dan menolak untuk menjualnya apabila pasien tersebut memaksa.

Apoteker juga sebagai tenaga kesehatan yang berwenang dalam penyerahan obat, perlu juga mengontrol dengan baik penyerahan antibiotik di apotek maupun klinik dan rumah sakit.

"Karena itu apoteker menjadi mitra dalam penentuan pemilihan obat sesuai hasil diagnosa, sehingga masyarakat disarankan agar mengecek jika pergi ke apotek dan tidak menggunakan antibiotik tanpa diagnosa dokter terlebih dahulu," tutup Eddy.


Baca juga: Penting! Lakukan Ini Ketika Diresepkan Antibiotik oleh Dokter


(Azmy Cahya Ramadhaniar/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit