detikhealth

Sudah Dapat Izin Edar, Obat Ini Bisa Dilacak Pakai Smartphone

Firdaus Anwar - detikHealth
Rabu, 15/11/2017 13:35 WIB
Sudah Dapat Izin Edar, Obat Ini Bisa Dilacak Pakai SmartphonePenerapan teknologi pada perilaku konsumsi obat dapat bermanfaat untuk pasien. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta, Abilify MyCite adalah obat aripiprazole baru yang dapat digunakan untuk pasien gangguan kejiwaan seperti skizofrenia. Yang membuatnya berbeda adalah obat ini dilengkapi oleh sensor yang dapat dilacak menggunakan smartphone.

Nantinya sensor dari obat akan mengirimkan informasi ke smartphone pasien atau ke dokternya. Hal ini disebut ahli dapat membantu melacak tingkat kepatuhan pasien minum obat.

Baca juga: Patuh Minum Obat, Salah Satu Cara Ampuh Mengatasi Gangguan Bipolar

Besar sensor tidak lebih besar dari sebutir pasir dan akan aktif sendiri ketika terpapar cairan asam lambung. Butuh waktu sekitar 30 menit sampai dua jam untuk sensor mendeteksi bahwa obat sudah ditelan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) sendiri telah memberikan izin edar Abilify MyCite. Mitchell Mathis dari FDA mengatakan kemajuan teknologi adalah sesuatu yang baik selama bermanfaat untuk pasien.

"Bisa melacak kepatuhan minum obat untuk masalah gangguan kejiwaan mungkin bermanfaat bagi beberapa pasien," kata Mitchell seperti dikutip dari BBC, Rabu (15/11/2017).

"FDA mendukung perkembangan teknologi baru dan berkomitmen bekerja sama dengan perusahaan untuk memahami teknologi yang bisa membantu pasien dan pemberi resep," pungkasnya.

Baca juga: Perhatikan, Ini Tips dari Dokter Agar Tak Lupa Minum Obat(fds/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit