detikhealth

Waspada, Ini 4 Tanda Kemungkinan Kanker Prostat

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Selasa, 21/11/2017 19:35 WIB
Waspada, Ini 4 Tanda Kemungkinan Kanker ProstatWaspada gejala kanker prostat/Foto: Thikstock
Jakarta, Kanker prostat adalah kasus kanker paling umum urutan kedua pada pria menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Diperkirakan sekitar 1,1 juta pria di seluruh dunia didiagnosis kanker prostat dan terdapat 307.000 kasus kematian pada tahun 2012.

American Cancer Society menyebutkan, tingkat kelangsungan hidup menurun drastis menjadi 29 persen jika pengobatan terlambat. Karena itu, pemahaman mengenai ciri-ciri kanker prostat harus lebih dahulu Anda dapatkan. Apa saja gejala yang biasa muncul? Dikutip dari Men's Health, ini dia di antaranya.

1. Sering buang air kecil

Pertanda awal yang harus Anda catat adalah ketika Anda lebih sering buang air kecil, baik pada pagi hari dan malam hari. "Kesulitan dan kesakitan saat mengeluarkan air seni adalah tanda peringatan lainnya," kata Profesor Roger Kirby, konsultan urologis di King Edward VII's Hospital.

2. Sakit punggung

Jangan mengabaikan rasa sakit pada punggung dengan menganggap itu hanya masalah umur. Tak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan terlebih disertai dengan gejala kanker prostat lainnya. "Jika sel prostat berjalan ke tulang di punggung dan pinggul Anda, itu bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa," jelas Kirby.

Baca juga: Frekuensi Bercinta Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Prostat? Ini Kata Dokter

3. Kaki membengkak

Jika kanker menyebar ke kelenjar getah bening Anda, hal itu bisa menyebabkan penyumbatan yang dikenal dengan istilah limfedema. Penumpukan cairan tersebut terjadi pada bagian tubuh tertentu salah satunya pada kaki sehingga menimbulkan rasa sakit.

4. Kesemutan dan rasa terbakar

"Banyak pria percaya bahwa rasa nyeri di prostat itu normal dan akan berlalu, tapi itu bisa menjadi nyeri neuropatik yang terjadi saat kanker menyerang saraf di tulang," kandasnya.

Baca juga: Minum Kopi Bisa Pangkas Risiko Kanker Prostat Hingga 50 Persen(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close