detikhealth

Jangan Tunda! Lakukan 5 Kebiasaan Sehat Ini untuk Detoks Tubuhmu

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 07/12/2017 09:35 WIB
Jangan Tunda! Lakukan 5 Kebiasaan Sehat Ini untuk Detoks TubuhmuLima kebiasaan sehat yang membantu detoksifikasi tubuh, salah satunya minum air putih sebelum dan sesudah bangun tidur/ Foto: iStock
Jakarta, Hampir setiap saat tubuh terpapar oleh racun, baik dari luar tubuh maupun dari dalam tubuh. Misal dari makan makanan yang kita makan, bisa saja mendapatkan racun dari sisa-sisa hasil metabolisme tubuh. Belum lagi racun dari lingkungan, seperti asap rokok, asap kendaraan serta polusi yang turut menyumbang racun bagi tubuh.

Di dalam tubuh sendiri sebenarnya sudah ada mekanisme khusus untuk membuang racun, tapi tidak ada salahnya untuk membantu tubuh membersihkan racun alias detoksifikasi. Dikutip dari shape.com.sg, ada lima kebiasaan sehat yang ampuh untuk proses detoksifikasi tubuh. Yuk simak!

Baca juga: 8 Kebiasaan yang Orang Sehat Lakukan di Pagi Hari

1. Cukup tidur

Punya waktu tidur setidaknya delapan jam setiap malam membantu Anda mengurangi racun yang terbentuk di dalam tubuh, karena saat tidur organ-organ dalam tubuh tidak bekerja sekeras saat terjaga. Kurang tidur dapat melemahkan sistem imun sehingga Anda jadi gampang sakit.

2. Minum air putih sebelum dan saat bangun tidur

Saat kita tidur, tubuh mengalami dehidrasi. Itulah mengapa penting untuk minum segelas besar air sebelum tidur dan tepat setelah bangun tidur. Tentu air menjadi bagian yang sangat penting sebagai asupan Anda sepanjang hari.

3. Sering-sering lakukan peregangan

Jika Anda bekerja di kantor, kemungkinan Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda dengan duduk. Pastikan untuk berdiri setiap jam atau lebih, dan luangkan waktu satu atau dua menit untuk melakukan peregangan dan berjalan mengelilingi kantor. Anda akan merasa lebih berenergi setelah melakukannya.

4. Hindari minuman yang membuat perut Anda kembung

Alih-alih minum minuman kalengan, lebih baik mencampurkan air dengan lemon segar atau seduh secangkir teh peppermint. Bisa tambahkan pula dengan sedikit bubuk cayenne, ini juga akan membantu Anda membakar beberapa kalori.

5. Jangan menahan dirimu

Sesekali biarkan diri Anda menikmati makanan favorit secukupnya. Yang terpenting, kunci detoksifikasi adalah mengingat apa yang kita makan dan memastikan bahwa kita memiliki makanan yang seimbang secara keseluruhan.

Baca juga: 3 Kebiasaan Sehat Saat Buang Air Besar, Sering Kamu Lakukan?(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close