detikhealth

Kabupaten Serang Ditetapkan KLB Wabah Difteri

Bahtiar Rivai - detikHealth
Kamis, 07/12/2017 20:16 WIB
Kabupaten Serang Ditetapkan KLB Wabah DifteriKabupaten Serang ditetapkan sebagai daerah berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) wabah difteri. Foto: Thinkstock
Serang, Kabupaten Serang ditetapkan sebagai daerah berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) wabah difteri. Sepanjang 2017, ada 12 laporan warga terjangkit wabah ini.

"Iya, (ditetapkan) kemarin malam," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang Sri Nurhayati saat dihubungi melalui sambungan telepon, Banten, Kamis (7/11/2017).

Di Serang sendiri, dari 12 kasus wabah difteri 9 orang telah dinyatakan sembuh dan 2 orang meninggal dunia. Sementara itu, 1 orang yang masih terjangkit wabah ini sedang dilakukan perawatan intensif di ruang isolasi Rumah Sakit Drajat Prawiranegara Serang.

Baca juga: 2 Balita di Serang Meninggal karena Difteri

"1 masih di rawat di rumah sakit daerah kami, sudah kurang lebih seminggu. Itu warga Lebak Wangi umur 39 tahun," katanya.

Karena ditetapkan KLB, dalam waktu dekat Sri mengatakan akan dilakukan ORI atau outbreak response immunization. Imunisasi ulang ini akan dilakukan pada pada warga antara umur 1 sampai 18 tahun.

"Masyarakat kita harapkan tidak ada yang menolak," katanya.

Untuk waktu pelaksanaan, Sri mengatakan dirinya masih melakukan persiapan di tingkat provinsi, kabupaten sampai tigkat kecamatan. Kemungkinan imunisasi dilakukan dalam 2 minggu ke depan.

"Minggu ini sampai minggu besok persiapan termasuk logistiknya," pungkasnya.

Baca juga: Kemenkes Sebut Ada 3 Hal yang Sebabkan Wabah Difteri


(Bahtiar Rivai/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit