detikhealth

Lari 127 Km untuk Galang Donasi di NusantaRun

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Jumat, 08/12/2017 07:35 WIB
Lari 127 Km untuk Galang Donasi di NusantaRunLari 127 Km untuk galang donasi di NusantaRun/Foto: Muhammad Reza Sulaiman
Jakarta, Sekitar 223 pelari akan berlari sejauh 127 km dari Purwokerto menuju Dieng. Bukan perlombaan, para pelari ini mengikuti event NusantaRun untuk menggalang donasi demi kemajuan pendidikan.

Christopher Tobing, founder NusantaRun, mengatakan bahwa mengatakan lari adalah salah satu olahraga yang paling mudah dan paling murah untuk dilaksanakan. Salah satu misi NusantaRun adalah mempromosikan gaya hidup sehat dengan berlari.

Baca juga: Kedodorun, Kumpulan Dokter-dokter yang Doyan Fun Run

"Jadi di NusantaRun kita lari jarak jauh antar kota antar provinsi bukan cuma untuk personal gain, supaya keren. Tapi kita juga ingin lari yang ada impact-nya, berkontribusi ke masyarakat, sambil ngajak temen donasi atau lari bareng sama kita," ujar Christopher dalam sesi jumpa pers di Delico Cafe, Menara Anugrah, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (7/12/2017).

Pada perhelatan NusantaRun Chapter V tahun ini, kampanye yang digalang bertema #GurukuMaju. Bekerja sama dengan Indonesian Overseas Alumni (IOA), para pelari akan menyusuri ramainya jalan Purwokerto hingga menikmati pemandangan dataran tinggi Dieng demi menggalang dana untuk pengembangan kualitas 400 guru di Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo.

Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo dipilih karena berdasarkan Hasil Uji Kompetensi Guru pada 2016, cara mengajar guru-guru di sana menempati urutan terendah. Padahal kualitas guru yang baik dapat membangkitkan potensi siswa.

Selain mempromosikan gaya hidup sehat dan berkrontibusi kepada masyarakat, Christopher mengatakan Indonesia adalah negara dengan banyak pemandangan indah. Lari jarak jauh diharapkan dapat mempromosikan tempat-tempat indah di Indonesia yang jarang terjamah.

Sandy Suryapranata, salah satu peserta NusantaRun Chapter V, mengatakan lari dengan jarak di atas 100 km merupakan tantangan berat. Namun berbekal pengalamannya mengikuti NusantaRun Chapter I hingga IV, perjuangan tersebut akan terbayar karena donasi yang terkumpul.

"Kita lari ya capek dan berat banget. Tapi karena kita lari punya misi berharga, dan kita tahu ketika finish ada orang-orang yang terbantukan dengan donasi yang didapat, itu semua terbayar capeknya," ujar Sandy.

Event NusantaRun Chapter V akan dilaksanakan pada 15-17 November 2017. Pendaftaran peserta sudah ditutup namun penggalangan donasi masih bisa dilakukan hingga Januari 2018.

Baca juga: Maunya Olahraga yang Murah Meriah, Jawabannya Adalah Lari(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close