detikhealth

Studi Sebut Berkebun Bisa Bikin Pria Lanjut Usia Lebih Sehat

Suherni Sulaeman - detikHealth
Sabtu, 13/01/2018 07:58 WIB
Studi Sebut Berkebun Bisa Bikin Pria Lanjut Usia Lebih SehatStudi menunjukkan bahwa berkebun bisa membuat pria lansia lebih sehat, terutama kesehatan mentalnya. Foto: Thinkstock
Jakarta, Kegiatan berkebun bisa menjadi hobi yang menarik. Apalagi jika kegiatan tersebut dilakukan oleh para orang tua untuk mengisi hari pasca pensiunannya. Sebab, menurut sebuah penelitian baru-baru ini, berkebun dapat meningkatkan kesehatan, terutama kesehatan mental.

Namun, penelitian tersebut hanya ditunjukkan pada pria lanjut usia saja, tidak bagi wanita lanjut usia. Meski wanita cenderung melakukan banyak aktivitas fisik dan menghabiskan banyak waktunya untuk melakukan pekerjaan rumah tangga sehari-hari seperti bersih-bersih dan memasak tetapi tidak merangsang kesehatan mental.

"Perbedaan jenis kelamin dalam kesehatan mungkin berkaitan dengan jenis pekerjaan rumah tangga yang wanita lakukan secara berulang dan rutin, seperti bersih-bersih dan memasak. Meskipun ini mungkin memiliki manfaat, tapi terbatas, tidak terlalu aktif secara fisik, tidak benar-benar berolahraga dan tidak terlalu merangsang mental, yang berkaitan dengan kesehatan fisik," kata Nicholas Adjei, peneliti dari Leibniz Institute for Prevention Research and Epidemiology di Jerman, seperti dikutip dari Indian Express.

Baca juga: Yuk Berkebun! Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Fisik dan Mental

"Pria yang lebih aktif melakukan banyak pekerjaan rumah tangga, seperti berkebun yang mengerahkan tenaga fisik untuk menggali, memotong dan mengangkut tanah itu baik untuk kesehatan. Kami pikir berkebun dan memperbaiki barang mungkin juga lebih menyenangkan daripada membersihkan," tambah Adjei.

Untuk keperluan penelitian ini, peneliti melibatkan lebih dari 36.000 pensiunan. Peserta diminta untuk melaporkan tentang aktivitas sehari-hari dan kesehatan umum mereka. Kesehatan tersebut dihitung berdasarkan jawaban peserta terhadap kuesioner yang diberikan.

Hasilnya menunjukkan bahwa pria tua yang melakukan pekerjaan di sekitar rumah seperti berkebun, perawatan barang ataupun memperbaiki barang cenderung lebih sehat.

Baca juga: Berkebun Bisa Kurangi Risiko Obesitas Lho

(hrn/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit