detikhealth

Kendall Jenner Jadi Sorotan Gara-gara Jerawatan di Wajah

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Sabtu, 13/01/2018 10:05 WIB
Kendall Jenner Jadi Sorotan Gara-gara Jerawatan di WajahKendall Jenner mencuri perhatian dengan jerawatnya saat menghadiri Golden Globe Awards. Foto: Frazer Harrison/Getty Images
Jakarta, Keluarga Kardashian memang selalu menjadi sorotan publik. Setelah Kylie Jenner memamerkan baby bump-nya, sang adik Kendall juga mencuri perhatian dengan jerawatnya saat menghadiri Golden Globe Awards.

Kendall menghadiri perhelatan Golden Globe Awards 2018 pada Senin petang. Seperti biasa, ia tampak cantik dengan gaun hitam yang menjuntai ke tanah.

Namun bukan kecantikan paras dan gaun yang dikenakan Kendall malam itu yang mencuri perhatian, melainkan jerawat di wajahnya.

Meski mengenakan make up yang sempurna, secara kebetulan, di wajah gadis berusia 22 tahun itu tampak beberapa butir jerawat. Entah sengaja dibiarkan terlihat apa adanya atau memang terlihat tanpa disadari oleh Kendall sendiri.

Menanggapi hal itu, Kendall menunjukkan komentar acuh tak acuh di akun media sosialnya.



Terakhir kali Kendall mendapatkan kritikan terkait tubuhnya adalah pada bulan Januari 2017 lalu. Saat itu ia dituding melakukan 'rekonstruksi wajah' setelah tampil di depan publik dengan make up yang sedikit berbeda.

Baca juga: Pada Wanita, Jerawat Lebih Mudah Muncul Gara-gara Stres

Pada kenyataannya, jerawat tak hanya muncul ketika remaja saja, tetapi juga saat dewasa. Biasanya jerawat dewasa muncul pada kisaran usia 20-40 tahun.

Sama dengan masa remaja, sebagian besar jerawat dewasa juga masih ada kaitannya dengan hormon. Hanya saja biasanya ini baru muncul di seputar periode menstruasi atau dipicu hal lain seperti stres.

"Bentuknya juga agak berbeda. Paling banyak komedo, whitehead (jerawat yang terbentuk saat sel kulit mati, minyak dan bakteri menyumbat pori-pori, namun biasanya di bawah permukaan kulit) atau semacam kista dan kutil di dekat rahang dan leher atas," terang ahli kesehatan kulit dari New York City, Neal Schultz, MD seperti dilaporkan Glamour.

Baca juga: Muncul Jerawat di Wajah, Pesan Dokter: Jangan Dimanipulasi

Dijelaskan dr Radityo Anugrah, SpKK dari Bamed Skin Care, ketika timbul jerawat, baiknya tidak dipencet-pencet atau dipecah sendiri.

Jerawat yang dimanipulasi itu makin mudah inflamasi, nanti pasti timbul bekas. Kayak di rumah dipencet sendiri jerawatnya, di depan kaca sampai luka, kan bisa aja dia nggak tahu jerawatnya sudah siap keluar atau belum," terangnya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Ia menyarankan agar dibiarkan saja agar sembuh sendiri. Jika jerawat membandel, hal ini bisa diatasi dengan berkonsultasi ke dokter.

(lll/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit