detikhealth

10 Makanan yang Ampuh Hilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Cepat

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Rabu, 17/01/2018 19:03 WIB
10 Makanan yang Ampuh Hilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan CepatSejumlah makanan dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Wajah tumbuh jerawat memang menyebalkan, apalagi bila meninggalkan bekas kehitaman, bekas kemerahan dan bekas berupa lubang-lubang atau disebut juga scar jerawat. Keadaan ini pastinya membuat seseorang tidak percaya diri dengan penampilan wajahnya.

Sebelum menggunakan berbagai kosmetik mahal, ada baiknya Anda mencoba memasukkan makanan-makanan ini ke dalam diet Anda untuk menghilangkan bekas jerawat. Dikutip dari Women's Weekly, berikut 10 makanan yang dapat menghilangkan bekas jerawat.

Baca juga: 3 Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Hilangkan Jerawat

1. Salmon

Salmon merupakan sumber makanan sehat yang kaya akan asam lemak omega 3 yang dapat mengatasi jerawat pada kulit Anda. Selain itu, salmon banyak mengandung antioksidan sehingga membantu mengurangi peradangan pada kulit wajah Anda.

2. Ubi

Tentu semua orang sudah begitu familiar dengan makanan yang satu ini. Ya, ubi merupakan makanan tinggi retinols yang juga dikenal sebagai vitamin A yang membantu memperbaiki regenerasi kulit sehingga bekas jerawat Anda sembuh lebih cepat. Di samping itu jika Anda sering mengonsumsi ubi, Anda bisa mendapatkan kulit yang lebih cerah dan sehat alami.

3. Kale

Sayuran anti inflamasi ini memiliki kadar vitamin dan mineral tinggi dan sangat bagus untuk mengurangi hiperpigmentasi pada kulit Anda. Alhasil bekas luka yang ditinggalkan pada kulit wajah Anda akan hilang.

4. Quinoa

Quinoa menjadi makanan popular dalam beberapa tahun belakangan. Makanan yang masuk kategori superfood ini dapat membantu melindungi masalah kulit yang umum, mulai dari memperbaiki kulit yang rusak, mengurangi bintik cokelat, mengobati jerewat, hingga menunda penuaan kulit.

5. Brokoli

Kandungan nutrisi dalam sayuran ini terdiri dari vitamin A, B kompleks, C, E, dan K. Sifat antioksidan yang dimiliki oleh sayuran ini dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Brokoli juga dapat meningkatkan elastisitas kulit.
Beberapa makanan dapat membantu menghilangkan bekas jeraway dengan cepat.Beberapa makanan dapat membantu menghilangkan bekas jeraway dengan cepat. Foto: Dok. Getty Images
6. Teh hijau

Selain diminum untuk menurunkan berat badan, teh hijau juga mengandung pelifenol tinggi yang bisa membantu mengurangi pori-pori besar pada kulit wajah Anda.

7. Kacang polong

Kacang polong umumnya memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga membantu mengurangi peradangan pada wajah Anda. Dengan makan makanan rendah glikemik jerawat di kulit juga akan berkurang.

8. Almond

Almond merupakan sumber vitamin E yang sehat dan membantu melembabkan kulit dari dalam sehingga bekas jerawat bisa sembuh dari dalam maupun luar. Almond juga bisa membuat kulit lebih sehat karena kandungan seratnya yang cukup tinggi dan kalorinya yang rendah.

9. Jus lemon

Air perasan lemon memiliki keasaman alami yang telah turun temurun digunakan sebagai agen pemutih organik untuk menghilangkan flek hitam di kulit. Vitamin C yang tinggi pada air lemon membantu menghilangkan racun dan lemak yang mengendap dalam tubuh sehingga membuat kulit terlihat lebih bercahaya.

10. Beras cokelat

Dibandingkan dengan beras putih, beras cokelat memiliki lebih banyak nutrisi yang dapat membuat Anda lebih sehat. Kandungan magnesium yang tinggi membantu menyeibangkan hormon penyebab jerawat sehingga kulit tetap sehat.(ask/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit