detikhealth
 
Tips Hari Ini
  • "

    Untuk menghilangkan nyeri lutut, mulailah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium untuk memperkuat tulang, dan susu kunyit yang dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi. Anda juga dapat melakukan olahraga yoga untuk meningkatkan fleksibilitas otot lutut. Jika tidak punya waktu luang, Anda dapat memijat lutut dengan minyak kelapa, minyak zaitun atau minyak pijat lainnya, selama 15 menit.

    "
  • "

    Mandi adalah saat terbaik untuk membersihkan telinga bayi. Seka telinga bayi dengan kain hangat saat mandi. Jangan membersihkan dalam keadaan kering karena bisa menyebabkan iritasi. Jangan menggunakan cotton buds saat membersihkan, karena bisa merusak gendang telinga anak yang berujung pada komplikasi lebih jauh.

    "
  • "

    Mengunyah permen karet yang tidak mengandung gula dapat membantu memperbaiki gigi dan juga menghambat proses pembusukan. Selain itu, mengunyah permen karet juga bisa membantu melatih otot wajah dan gigi, serta membuat sel-sel kelenjar air liur bekerja lebih baik dan efisien.

    "
  • "

    Ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa cemas dan gelisah. Mandi dengan air hangat adalah salah satu cara yang paling efektif. Cobalah juga untuk mengonsumsi vitamin B kompleks, untuk menimbulkan hormon yang bisa mengurangi kecemasan.

    "
  • "

    Sebagai orang tua, Anda perlu mengetahui bagaimana cara meredakan emosi anak yang meluap-luap agar anak tidak tumbuh menjadi orang yang cengeng. Ketika anak menangis jangan memarahi dan menyuruhnya untuk diam, ajaklah berbicara dan tanyakan alasan mengapa ia menangis. Cobalah pelajari strategi terapi untuk mengendalikan emosi anak, misalnya dengan permainan berhitung atau bermain lempar bola, sehingga melatih anak untuk lebih sabar.

    "
  • "

    Lingkaran hitam di bawah mata dapat membuat penampilan seseorang terlihat suram dan tidak menarik. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya, tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Tidur cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol merupakan beberapa cara sederhana untuk mencegah timbulnya lingkar hitam di bawah mata.

    "
  • "Saat mudik jangan terima makanan dan minuman dari orang asing, sebab bukan tidak mungkin makanan atau minuman tersebut sudah diberikan obat tertentu. Obat tersebut bisa jadi mampu membuat Anda tak sadarkan diri, bahkan hingga seminggu lamanya."
  • "Saat berbuka puasa di luar rumah, menu yang menjadi pilihan memang menjadi sangat beragam. Namun jangan sampai salah memilih karena justru akan mengganggu sistem pencernaan yang selama seharian sudah beristirahat. Karbohidrat lembut seperti bubur atau ketupat baik jika ingin dihidangkan untuk berbuka puasa."
  • "
    Sebaiknya selalu sempatkan untuk bangun sahur. Karena jika Anda malas sahur, maka salah satu akibatnya menjadi lemas dan sulit fokus. Kadang kondisi tersebut dirasa hanya karena seharian tidak makan saja, padahal ada beberapa faktor lain termasuk kurang asupan cairan atau dehidrasi."
  • "Gangguan perut kembung biasanya muncul karena salah makan saat sahur maupun berbuka, misalnya pada orang yang memiliki sakit maag. Untuk mengatasinya, hindari terlalu banyak makanan berminyak, berlemak, dan memproduksi gas. Perbanyak minum air putih atau jus buah. Ada baiknya juga untuk menghindari makan sahur dengan menggunakan mi instan, karena bisa berisiko muncul efek kembung, mual, dan bahkan muntah."
  • "Berpuasa termasuk dalam salah satu detoks alami, sebab tubuh dibiarkan tidak mencerna makanan selama lebih kurang 12 jam. Beberapa organ tubuh pun bisa istirahat sejenak dari aktivitasnya selama setahun, yakni pankreas, usus halus, usus besar, lambung, dan hati."
  • "Saat berbuka puasa jangan kalap jika tak ingin sakit perut. Dalam kondisi perut kosong seharian, metabolisme tubuh tentunya berjalan lebih lambat dari biasanya. Saat tiba waktunya berbuka, seharusnya perut diberi kesempatan untuk beradaptasi dengan makanan yang lebih ringan sebelum dipaksa untuk makan makanan yang berat."
  • "Air kelapa membantu menghilangkan rasa haus dan mengganti konsumsi air yang hilang setelah 14 jam lebih berpuasa seharian, karena air kelapa mengandung komposisi elektrolit atau mineral yang seimbang dan mirip dengan cairan darah manusia."
  • "Makan timun rebus dapat membantu mengurangi bau mulut saat puasa. Timun dapat mendinginkan perut dan mencegah naiknya asam lambung, sehingga tidak menyebabkan bau di mulut."
  • "Agar tidak ngantukan, usahakan tidak begadang saat bulan puasa. Jika bisa segera tidur setelah salat tarawih. Jangan melakukan kegiatan-kegiatan lain yang bisa mengurangi jam tidur."
  • "Makanan dan minuman manis memang dianjurkan untuk santapan awal buka puasa. Tapi bukan berarti semua makanan atau minuman manis boleh dikonsumsi, terlebih bila mengandung kadar gula tinggi. Yang manis untuk berbuka puasa cukup teh manis (kalau bisa pakai gula jagung), lalu kurma 3 biji. Pembuka yang manis cukup 1 macam saja."
  • "Jika tak ingin bau mulut saat puasa, segera sikat gigi setelah makan sahur karena setelah 2 menit sisa makanan yang menempel di mulut dengan cepat menjadi asam. Selain itu kurangi makanan manis atau karbohidrat tinggi karena akan mempercepat metabolisme mulut menjadi asam."
  • "Makanan dan minuman manis memang dianjurkan untuk santapan awal buka puasa. Tapi bukan berarti semua yang manis boleh dikonsumsi, terlebih bila mengandung kadar gula tinggi. Idealnya, buka puasa dengan makan 3 buah kurma. Selain manis, kurma juga merupakan karbohidrat kompleks yang membuat gula diserap tubuh secara perlahan."
  • "Ibu menyusui bisa puasa dengan tetap makan tiga kali, yakni saat sahur, buka puasa dan setelah taraweh. Hal terpenting, ibu menyusui harus banyak minum air putih agar produksi ASI tetap terjaga."
  • "Risiko dehidrasi rentan mengintai pasien diabetes yang sedang berpuasa. Bila ingin tetap puasa, pasien diabetes disarankan untuk banyak minum air yang diatur frekuensinya dari setelah buka puasa hingga menjelang sahur."
Displaying 0 to 20 of 225 entries