Selasa, 11 Okt 2016 00:00 WIB

Persiapan Fisik Penting Hindari Kegagalan Menikah

Advertorial - detikHealth
Jakarta -

Salah satu faktor penting yang akan menentukan kebahagiaan pernikahan adalah kesehatan. Bila salah satu di antara Anda berdua ternyata mempunyai masalah kesehatan, maka kebahagiaan pernikahan, bahkan rumah tangga tidak akan dapat dirasakan seutuhnya.

Hal tersebut diamini oleh Psikolog Prof. Dr. Sawitri Supardi Sadarkoe. Dia mengatakan salah satu penyebab konflik perkawinan adalah masalah kehidupan seksual. Masalah ini dapat muncul karena faktor psikis, misalnya dialog masalah kesehatan yang kurang terbuka, tetapi bisa juga timbul karena kondisi fisik yang kurang mendukung atau adanya gangguan kesehatan.

Di Indonesia, rata-rata pasangan menikah berharap memiliki keturunan. Kehidupan sebuah keluarga pun akan menjadi berkualitas bila tidak hanya Anda dan pasangan, tetapi kelak buah hati pun hadir dalam keadaan sehat, baik secara fisik, psikososial, dan spiritual.

Agar setelah menikah tidak berdampak pada kekecewaan, pemeriksaan dan konseling pranikah atau yang biasa disebut dengan premarital check up sangat dianjurkan bagi setiap pasangan. Pemeriksaan pranikah berfungsi untuk mengetahui gambaran kesehatan secara umum, penyakit keturunan yang dimiliki, seperti thalassemia, diabetes, dan hipertensi, penyakit infeksi seperti hepatitis B, penyakit menular seksual, seperti sifilis dan herpes yang dapat mengakibatkan kecacatan pada janin, serta kesehatan reproduksi pria dan wanita.

Untuk informasi lebih lanjut tentang premarital check up, kunjungi www.prodia.co.id dan dapatkan manfaatkan keringanan biaya 15% untuk premarital check up di seluruh cabang Prodia di seluruh Indonesia selama bulan Oktober 2016. Jadwalkan premarital check up Anda dan pasangan segera!

(adv/adv)