Selasa, 24 Apr 2018 00:00 WIB

Ini yang Terjadi Saat Tangan dan Kaki Mulai Mati Rasa

Advertorial - detikHealth
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta -

Mati rasa di kaki dan tangan merupakan efek dari tidak lancarnya peredaran darah atau gangguan saraf. Mati rasa yang juga disertai dengan rasa sakit, terbakar, atau geli biasanya berhubungan dengan penyakit stroke, Sindrom Raynaud, multiple sclerosis, hingga penyakit vaskular perifer.

Jika mati rasa berlangsung terus menerus maka bisa jadi itu merupakan tanda Anda mengalami peripheral neuropathy. Peripheral neuropathy itu juga menjadi efek dari berbagai penyakit, seperti diabetes yang tak terkontrol hingga ketergantungan alkohol.

Nah, untuk mengatasi mati rasa di kaki dan tanggan hingga berujung ke peripheral neuropathy, alangkah lebih baiknya Anda melakukan hal-hal berikut ini, seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Kompres Air Hangat

Salah satu metode yang diromendasikasikan dan bisa dilakukan di rumah adalah mengompres tangan dan kaki yang mengalami mati rasa. Rasa hangat akan membantu peredaran darah menjadi lancar, utamanya ke daerah kaki dan tangan yang mati rasa serta melemaskan otot.

2. Pijat

Pijat terbukti menjadi treatment yang efektif dan bisa dilakukan di rumah. Dengan pijat, sirkulasi darah kembali lancar dan mati rasa/kebas pun hilang. Selain itu, bermanfaat untuk memaksimalkan kerja otot dan saraf kembali.

3. Olahraga

Olahraga juga bisa menjadi alternatif menghilangkan kebas atau mati rasa di tangan dan kaki. Dengan berolahraga, sirkulasi oksigen dalam tubuh menjadi lancar dan bisa menghilangkan mati rasa. Bahkan olahraga juga bisa menghindari Anda dari masalah kesehatan lainnya.

4. Mengonsumsi Ginkgo Biloba

Ginkgo Biloba yang juga dikenal dengan nama Ginkgo, maidenhair tree, fossil tree merupakan produk kesehatan alami dan tradisonal untuk meredakan gejala sindrom Raynaud dan tinnitus (kuping berdengung).

Zat aktif pada bagian daun tanaman Ginkgo Biloba telah banyak dimanfaatkan di China dan Eropa. Komponen pada Ginkgo dipercaya bersifat flavonoid yang bermanfaat untuk antioksidan dan terpenoid yang membantu peredaran darah dan mengurangi platelet.

Ginkgo Biloba juga merupakan spesies tanaman yang ampuh melawan radikal bebas dan menstabilkan membran karena sifat antioksidannya yang kuat.

Anda juga bisa mengonsumsi Thomson Activated Ginkgo Tablet yang mengandung Ginkgo Biloba untuk membantu melancarkan sirkulasi darah secara alami. Dengan dilengkapi teknologi aktivasi yang dipatenkan di Jepang, Thomson Activated Ginkgo Extract bisa meningkatkan penyerapan bahan-bahan aktif.

Soal keamanan konsumsi, Anda jangan khawatir karena Ginkgo Biloba merupakan spesies tanaman yang ampuh melawan radikal bebas dan menstabilkan membran karena sifat antioksidannya yang kuat. Informasi lebih lanjut bisa di klik di sini.

(adv/adv)