Senin, 24 Agu 2020 00:00 WIB

aido health Permudah Konsultasi Dokter Spesialis & Perawatan di Rumah

Advertorial - detikHealth
adv aido Foto: Dok. aido health
Jakarta - Mewabahnya COVID-19 di 219 negara, termasuk Indonesia, membuat tatanan kehidupan masyarakat berubah. Di Indonesia, pemerintah telah menerapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB) sebagai langkah memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Dengan adaptasi ini, sebagian industri di Tanah Air pun bergejolak.

Apalagi, di tengah pandemi yang belum mereda, para pasien diimbau untuk tidak datang ke rumah sakit, kecuali ada kebutuhan atau keadaan darurat. Imbauan tersebut muncul untuk mencegah risiko penularan COVID-19. Banyak petunjuk medis dan prosedur yang tidak dapat dilakukan karena berkurangnya kapasitas dan akses ke layanan di rumah sakit, klinik, dan laboratorium.

Hal ini membuat peranan digital teknologi di bidang kesehatan sangat penting di tengah pandemi COVID-19. Teknologi digital, ditopang revolusi industri 4.0 telah berakselerasi dengan pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya, khususnya di bidang kesehatan.

Aplikasi kesehatan aido health menjadi inovasi di tengah menurunnya akses layanan kesehatan antara rumah sakit dan pasien. Inovasi ini merupakan bentuk 'jembatan digital' dan solusi yang dapat memberikan kemudahan akses konsultasi dari dokter spesialis dan perawatan pasien di rumah tanpa biaya dan waktu tunggu yang lama. Dalam pandemi ini, layanan seperti fisioterapi, vaksinasi ataupun perawatan luka yang dapat dilakukan di luar rumah sakit sangat penting.

aido health yang merupakan platform digital kesehatan mengintegrasikan berbagai fitur layanan kesehatan mulai dari telekonsultasi (konsultasi online), pengiriman obat-obatan, perawatan pasien di rumah, dan juga kunjungan rujukan ke rumah sakit dan klinik untuk menciptakan cara yang lebih aman dan mudah untuk mengakses layanan medis. Karena manfaat layanan teknologi kesehatan seperti ini mulai dipahami masyarakat, aplikasi digital kesehatan menjadi sangat populer.

"Orang-orang sekarang terbiasa bekerja dari rumah, dengan bisnis yang berlangsung di Zoom dan Skype. Apa yang kami lihat adalah orang-orang secara aktif menjaga keamanan keluarga mereka dengan menggunakan teknologi digital untuk kebutuhan kesehatan mereka juga. Yang penting, tidak hanya kaum muda yang sadar akan manfaat teknologi digital ini, penggunanya cukup merata yaitu antara usia 25-50 (tahun)," ujar Head of Product aido health Abiyasa Wiharso.

Dengan lebih dari 1.000 dokter spesialis terkemuka di Indonesia yang sudah tergabung, aido health adalah salah satu perusahaan teknologi kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan akses layanan kesehatan dan mengurangi risiko terinfeksi COVID-19.

Layanan aido merupakan integrasi dari layanan kesehatan online dan offline. Pasien bisa melakukan konsultasi online dengan dokter spesialis dengan sangat mudah. Berikutnya, hanya jika dokter membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut, pasien akan dirujuk ke rumah sakit, atau dokter bisa membuatkan resep obat untuk pasien.

Sementara itu, pasien yang memiliki penyakit kronis dan membutuhkan layanan lanjutan, bisa menggunakan layanan homecare. Tenaga kesehatan dari mitra Rumah Sakit aido health akan datang ke rumah pasien dan melanjutkan perawatan di rumah. Dalam hal ini, satu aplikasi bisa digunakan untuk satu keluarga.

Karena pendekatan terintegrasi ini, aplikasi aido health dapat melayani seluruh keluarga dan rekam medis pasien pun tetap tercatat di mitra Rumah Sakit dan Klinik. Saat ini, aido health bermitra dengan Siloam Hospitals, Bethsaida Hospital, RS Annisa Cikarang, dan NK health.

"Kemajuan teknologi seperti telekonsultasi yang terintegrasi memungkinkan Hospital untuk melayani pasien dengan perawatan sebaik mungkin, karena tata laksana pelayanan yang prima harus melibatkan semua pihak. Ujar GM Marketing Bethsaida Hospital Iwan A. Setiawan.

Iwan menjelaskan, Bethsaida Hospital menjadi salah satu rumah sakit yang telah bekerja sama dengan aido health karena aido health memiliki sistem yang terintegrasi sesuai dengan tata laksana pelayanan pasien yang prima. Selain itu, Bethsaida Hospital juga mempunyai program Community Emergency Response (CER) yang meliputi pelayanan Home Visit, Home Care serta pelatihan dasar medis untuk membantu pasien mendapatkan perawatan, pemeriksaan, dan pelatihan kesehatan di rumah. Layanan ini, dalam waktu dekat bisa diperoleh melalui aplikasi aido health. (adv/adv)