Rabu, 15 Sep 2021 00:00 WIB

Diingat Lagi, 4 Hal yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil Sebelum Vaksin

Advertorial - detikHealth
Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Dalam rangka mempercepat terbentuknya kekebalan komunal (herd immunity), pemerintah mengakselerasi program vaksinasi nasional dengan memperluas jangkauan, salah satunya pada ibu hamil. Hal ini dilakukan guna menekan angka risiko penularan, serta angka kematian akibat COVID-19 pada ibu hamil.

Dilansir dari website Satgas COVID-19, perlindungan kesehatan terhadap ibu hamil menjadi prioritas guna memaksimalkan proteksi keluarga Indonesia. Dalam setahun terakhir, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) mencatat ada 536 ibu hamil dinyatakan positif COVID-19.

Dari jumlah tersebut, 3% di antaranya meninggal dunia dan 9,5% lainnya masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Selain itu, 4,5% dari total jumlah ibu hamil yang terkonfirmasi positif diketahui membutuhkan perawatan di ICU.

Untuk mencegah banyaknya kasus serupa, pemerintah membuat langkah preventif vaksin ibu hamil yang menjadi instrumen strategis dalam mencegah penularan, mengurangi risiko sakit berat, serta menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

Mengacu pada edaran Kementerian Kesehatan, ibu hamil di Indonesia kini bisa mendapatkan vaksin covid ibu hamil dari beberapa pilihan jenis. Mulai dari Pfizer, Moderna, juga Sinovac. Adanya ragam pilihan ini diharapkan mampu memudahkan ibu hamil untuk segera mendapat vaksinasi COVID-19.

Meski demikian, ada sejumlah hal yang juga harus diperhatikan bagi para ibu hamil sebelum divaksin. Mengutip covid19.go.id, berikut 4 syarat dari Kemenkes yang harus dipenuhi untuk mendapatkan vaksinCovid ibu hamil.

  1. Usia kandungan tidak kurang dari 13 minggu, idealnya di antara usia 13 minggu-33 minggu
  2. Tidak sedang menjalani pengobatan, dan jika memiliki komorbid harus dalam kondisi terkontrol
  3. Tekanan darah normal
  4. Tidak punya gejala atau keluhan pra eklampsia

Selain memastikan 4 syarat vaksin ibu hamil di atas, tentunya perlu juga diimbangi dengan menjaga kesehatan sebelum divaksin. Karena tubuh yang sehat menjadi syarat penting sebelum divaksin serta dapat menjaga tubuh tidak drop setelahnya. Untuk menjaga kesehatan, ibu hamil disarankan memenuhi kebutuhan nutrisi penting dalam diet sehari-hari. Misalnya, dengan mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang cukup.

Selain itu, ibu hamil juga perlu mendapatkan asupan asam folat yang penting untuk kehamilannya. Melansir Centers for Disease Control and Prevention, asam folat membantu perkembangan janin dan mencegah risiko kecacatan, terutama pada otak dan tulang belakang bayi.

Asamfolat biasanya ditambahkan ke beberapa makanan atau bisa juga ditemukan dalam bentuk suplemen. Secara alami, asamfolat juga bisa ditemui di sayuran berdaun hijau, buah jeruk, serta kacang-kacangan.

Meski demikian, Anda bisa mengkonsumsi asam folat dengan cara yang lebih mudah salah satunya dengan mengonsumsi program sehat Realfood. Realfood menyediakan dua pilihan varian program sehat yang bisa dikonsumsi, yakni Fit With Realfood Wonder Mom untuk ibu hamil dan menyusui, serta Fit With Realfood Super Mom untuk Wanita yang sedang menjalani program hamil.

Kandungan sarang burung walet di dalamnya yang disertai asam folat bisa membantu ibu hamil menjaga daya tahan tubuh mereka, menjaga metabolisme tubuh agar lebih fit, serta bantu mempersiapkan tubuh sebelum dan sesudah divaksinasi COVID-19.

Shutterstock
Fit With Realfood Wonder Mom (Foto: dok. Realfood)

Program Sehat Fit With Realfood Wonder Mom, bisa menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil dan ibu menyusui karena mengandung asam folat di dalamnya. Realfood Wonder Mom yang merupakan fully concentrated bird's nestini mengandung lebih banyak kandungan sarang burung walet, sehingga menghasilkan tekstur yang lebih padat.

Wonder Mom disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil setelah memasuki trimester pertama. Kandungan asam folat di dalamnya berguna untuk ibu hamil, yakni berperan membentuk sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia pada ibu hamil. Serta membantu produksi asi ibu menyusui. Tak hanya itu, ada juga kandungan nutrisi lain di dalamnya seperti.

- Asam sialat yang baik untuk perkembangan otak janin.

- Asam amino triptofan untuk bantu mengurangi kecemasan dan kelelahan pada ibu hamil, serta membantu mengurangi stretch mark.

- Serta asam amino glisin membantu mencegah preeklampsia.

Selain Wonder Mom, Realfood juga memiliki Program Sehat Fit With Realfood Super Mom yang merupakan semi concentrated birds nest sehingga menghasilkan tekstur yang lebih cair. Super Mom diformulasikan secara khusus oleh Realfood untuk membantu calon ibu saat mempersiapkan rencana kehamilan.

ShutterstockFit With Realfood Super Mom (Foto: dok. Realfood)

Di dalamnya, terdapat kandungan asam folat yang berperan penting di masa sebelum juga saat kehamilan, seperti membantu meningkatkan kesuburan calon ibu, serta sebagai bekal perkembangan janin. Asam folat dalam Realfood Super Mom juga membantu memaksimalkan pertumbuhan sel plasenta dan perkembangan serta pertumbuhan pada janin, mengurangi risiko cacat lahir pada bayi, serta mencegah anemia pada ibu hamil.

Tak hanya itu, ada juga kandungan lain di dalam Super Mom dari Realfood, seperti.

- Asam sialat yang dapat membantu menjaga imun tubuh dan sistem reproduksi, serta mempercepat penyembuhan pasca operasi.

- Epidermal Growth Factor (EGF) yang membantu mengaktifkan proses sintesis DNA.

- Asam amino membantu mengurangi kecemasan dan keletihan pada ibu hamil, juga membantu memaksimalkan perkembangan otak pada janin.

Ibu-ibu hamil tak perlu ragu untuk mengkonsumsi Program Sehat Realfood. Selain kaya akan manfaat, Program Sehat Realfood juga aman untuk dikonsumsi karena diproduksi di fasilitas produksi yang modern dan steril, sesuai dengan standar ISO 22000, BPOM dan tersertifikasi halal.Selain itu juga Realfood sudah melalui uji formulasi sebanyak 1,210 kali hingga akhirnya melahirkan Program Sehat 12 Hari Bersama Realfood. Selain Wonder Mom dan Super Mom, Realfood juga memiliki 10 varian lainnya yaitu Royal Wellness, Stay Fit, Pure Wellness, Bright Sigh, Hair Power, Forever Young, Forever Young+, Ever Glow, Ever Glow+, dan juga Forever Glow yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Program sehat Realfood ini bisa dikonsumsi dengan durasi minimal selama 12 hari. Untuk penyerapan kandungan yang lebih optimal, ibu hamil disarankan mengkonsumsi Realfood saat perut kosong, baik di pagi atau malam hari.

Dengan menjaga kesehatan bersama Program Sehat Realfood dan mempersiapkan 4 syarat penting dari Kemenkes, ibu hamil bisa lebih tenang mempersiapkan diri sebelum melakukan vaksinasi COVID-19. (adv/adv)